Sekolah Politik Wacana Kita Rilis Survey Pilwali Kota Probolinggo, Ini Hasilnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekolah politik ‘Wacana Kita’ memaparkan hasil survei preferensi pemilih dalam Pilwali Kota Probolinggo tahun 2018. Dalam survey itu, duet Habib Habi Zainal Abidin – M Soufis Subri unggul dibandingkan tiga pasangan lainnya.

Pembina Wacana Kita , Wawan E. Kuswandoro mengatakan, pihaknya mengambil responden hingga 600 sampel, terbagi dari 5 kecamatan dan 29 kelurahan di Kota Probolinggo.

“Dengan margin error 4%, kami mengambil 600 sampel yang terbagi dari 5 Kecamatan di Kota Probolinggo, dengan spesifikasi 20 responden setiap kelurahan, yang terdiri dari 10 perempuan dan 10 laki-laki,” kata Wawan, Minggu (10/6/2018).

Pada pengukuran Top Of Mind Awareness, poin tertinggi sebesar 48,3% diraih oleh Habib Hadi Zainal Abidin, disusul Fernanda Zulkarnain sebesar 27,7%, Suwito 13,9% dan Syamsu Alam 8,9%. Top of mind awareness tersebut sifatnya personal.

Sementara untuk popularitas pasangan calon, yakni tingkat pengenalan masyarakat terhadap calon, yang dilakukan dengan memberi petunjuk nama-nama pasangan calon. Urutan tertinggi adalah pasangan Habib Hadi Zainal Abidin – Moch. Soufis Subri sebesar 83,7%, disusul Fernanda Zulkarnain – Zulfikar Imawan sebesar 78%, kemudian Syamsu Alam – Kulup Widyono sebesar 58,5% dan terakhir Suwito – Ferry Rahyuwono sebesar 48%.

“Itu adalah survei yang kami lakukan dengan sampel yang kami ambil, Insya Allah bisa mewakili seluruh populasi yang ada di Kota Probolinggo,” ungkap Wawan.

Namun data tersebut, menurut Wawan, masih bisa berubah tergantung dari bagaimana mesin partai dan relawan paslon bekerja di lapangan.

“Lembaga kami Tidak memprediksi siapa yang akan memenangkan Pilkada, karena pemilih sangat dinamis. Bisa saja bertahan seperti itu, tapi juga bisa berubah tergantung bergerakan kandidat dan tim di lapangan,” tutup dia.

Baca Juga  Tekan Peredaran Narkoba, 2 Hiburan Malam Dirazia

Survey pilwali tersebut, merupakan bagian dari launching sekolah politik dari ‘Wacana Kita’ dengan tema ‘Analisa Wacana Kritis Dalam Pembacaan Realitas Sosial dan Politik, Sebagai Bekal Stakeholder di Kota Probolinggo’. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmaf Kifli

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …