Hamka Haq Ajak Camat Lurah Se-Kota Pasuruan Perangi Radikalisme

PASURUAN-PANTURA7.com, Perang terhadap radikalisme terus digalakkkan oleh anggota MPR RI, Prof Hamka Haq. Sebab, menurut Prof Hamka, radikalisme mengancam kemajemukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karenanya, diperlukan penanaman dan pemupukan ideologi bangsa secara kontinyu kepada elemen masyarakat.

Salah satu cara paling efektif untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, kata Prof Hamka, adalah dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada warga negara. Dengan cara ini, gejala-gelaja intoleransi dapat diredam, mulai dari akar rumput atau masyakarat kelas bawah.

“Negara ini berazaskan Pancasila, bukan negara yang berazaskan agama. Oleh sebab itu, kemajemukan bangsa Indonesia harus terpelihara dengan baik, serta aksi radikalisme harus ditiadakan,” kata Prof Hamka Haq usai sosialisasi empat pilar di RM Kurnia Kota Pasuruan, Sabtu (24/3/2018).

Materi empat pilar yang meliputi Pancasila,UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, jelas Prof Hamka, harus difahami oleh seluruh elemen bangsa, karena Pancasila sudah menjadi asaz negara, tak terkecuali oleh Camat dan Lurah, yang mengikuti sosialisasi tersebut.

“Keutuhan empat pilar kebangsaan mutlak diperlukan. Untuk itu, baik Camat atau Lurah harus bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat disertai jiwa kebangsaan yang tinggi, sehingga bisa menyampaikan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat dengan baik,” pangkas Prof Hamka yang didampingi Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo. (*)

 

 

Penulis : Muhamad Rochim

Editor : Efendi  Muhamad

 

Baca Juga  Tak Rekomendasi Calon Petahana, Ini Jagoan PDI-P di Pilwali Kota Probolinggo

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …