Dapat Arahan dari Presiden, Begini Respon Pj Bupati Probolinggo

Dapat Arahan dari Presiden, Begini Respon Pj Bupati Probolinggo

Probolinggo – Presiden Joko Widodo memberikan arahan terhadap semua Penjabat (Pj) Kepala Daerah se-Indonesia pada Senin (30/10/2023) kemarin. Hal ini pun direspon baik oleh Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto.

Dalam arahannya, terdapat tujuh poin yang disampaikan Presiden Jokowi. Pertama, kepala daerah diminta untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar.

Kedua, mendorong kepala daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat.

Ketiga, presiden juga mengingatkan para penjabat kepala daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super El Nino. Meski di beberapa daerah hujan telah turun, tetapi potensi kebakaran juga harus tetap diantisipasi.

Kemudian keempat berkaitan dengan reformasi birokrasi, presiden menekankan pentingnya menyederhanakan prosedur dan tata kelola pelayanan perizinan bagi investor.

Kelima, Presiden meminta kepada daerah untuk memberikan dukungan kepada KPUD dan bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara menjelang Pemilu 2024.

Keenam, presiden meminta setiap pergolakan yang terjadi di masyarakat, dapat segera diselesaikan. Dan terakhir, mantan Walikota Surakarta ini meminta kepada daerah untuk terus mendukung program prioritas pemerintah seperti penurunan kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, dan hilirisasi industri.

Menanggapi hal tersebut, Ugas Irwanto memastikan Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan memperhatikan dan menindaklanjuti arahan dari presiden ini.

“Arahan Presiden, akan kami sosialisasikan ke Kepala-Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah, Red.) dan seluruh ASN dan selanjutnya akan kami tindak lanjuti,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Ribuan Pelamar CPNS Segera Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar

Baca Juga

Heboh! Baliho Ketua Gerindra Lumajang Bersanding dengan Ganjar Pranowo Bertebaran

Lumajang,- Baliho Bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo yang bersanding dengan Indah Amperawati bertebaran di …