Petani Probolinggo Minta Pemkab Kontrol Harga Cabai

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejumlah petani cabai di Kabupaten Probolinggo tahun ini layak berbangga. Sebab, kualitas cabai cukup baik karena tidak dirusak oleh hama. Imbasnya, harga cabai pun turut terdongkrak.

Ghozali Rohman (24) petani asal Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, mengatakan bahwa kualitas cabai yang bagus dipengaruhi oleh kondisi cuaca musim kemarau yang cukup stabil. Kondisi ini membuat tanaman cabai lebih kuat dari serangan hama.

“Sekarang para petani senang, karena cabainya bagus tanpa gangguan hama. Ini saya musim tanam kedua, tapi ya tetap bagus,” kata Ghozali saat ditemui di sawahnya, Minggu (19/8/2018).

Pria yang biasa dipanggil Zali itu menambahkan, hampir segala jenis cabai kali ini kualitasnya bagus, baik cabai rawit maupun cabai merah atau cabai keriting. Dalam satu hektar lahan, petani mampu memanen hingga 7 ton cabai segar.

“Kalau cabai rawit umurnya 5 bulan baru bisa dipanen, kalau cabai merah besar hanya tiga bulan tanam sudah bisa dipanen,” ujar dia.

Zali berharap, cuaca tetap stabil selama dua bulan kedepan sehingga kualitas cabai tetap terjaga. Ia juga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemkab) Probolinggo turun tangan untuk mengontrol harga cabai di pasaran.

“Biasanya kalau cabai bagus gini dan banyak yang panen, harganya anjlok. Mudah-mudahan pemerintah bisa antisipasi ini,” harap petani dengan tiga anak ini. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

 

Baca Juga  Hendak Sowan ke Kyai, Kakak-adik Tewas Dihantam Pikap

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …