KPUD dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo Teken Dana Hibah Pilkada 2018

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Probolinggo mendapat dana hibah sebesar Rp. 41,5 miliar dari pemerintah daerah untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati san Wakil Bupati 2018. Dari anggaran itu, hampir separuhnya direncanakan untuk digunakan sebagai honor petugas.

 

“Sebanyak 20 miliar akan digunakan sebagai horor petugas di lapangan. Sementara sisanya, digunakan untuk keperluan yang lain, semisal surat suara,” terang Ketua KPUD Kabupaten Probolinggo Muhammad Zubaidi usai penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Bupati Probolinggo di kantor KPUD setempat, Selasa (18/7/2017).

 

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, menjelaskan sejatinya KPUD mengajukan dana Pilkada senilai Rp. 60 miliar. Namun, setelah dikaji ulang dengan melihat kemampuan keuangan daerah, Pemkab Probolinggo akhirnya hanya menghibahkan dana sebanyak Rp. 41,5 miliar.

 

Pertimbangan lain, Pilkada serentak 2018 pelaksanaannya berbarengan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Sehingga pos-pos yang lainnya dapat menggunakan dana sharing dari pemerintah provinsi.

 

“Jadi prinsip kehati-hatian dalam menggunakan uang negara untuk pendanaan kegiatan dipegang teguh, sehingga mampu dipertanggungjawabkan secara terbuka kepada masyarakat maupun negara,” ujar Bupati Tantri pasca acara.

 

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo Tanto Walono menambahkan, dana hibah untuk KPUD sudah siap diambil kapan saja dibutuhkan. Saat ini, dana itu disimpan dalam Kasda sebagai dana cadangan. Dana disediakan secara bertahap oleh pemkab selama dua tahun, yakni tahun 2016 sebesar Rp. 25 miliar dan Rp. 16,5 miliar pada tahun 2017.

 

“Kami sudah menyiapkan sejak tahun lalu. Gak ada masalah, kapan pun diambil oleh KPU, kami siap. Mungkin yang paling besar saat penyelenggaraannya tahun depan,” pungkas Tanto. (em/ela).

Baca Juga  Pemkot Probolinggo Salurkan Dana Hibah Bagi 194 Lembaga

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …