Puluhan siswa Raudlatul Athfal (RA) Umi Sundari belajar membatik peringati hari batik nasional, Senin (2/10/2017)

Peringati Hari Batik, Siswa RA Ini Belajar Membatik

Siswa Raudlatul Athfal (RA) Umi Sundari serius belajar batik

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Banyak cara untuk menyambut hari batik nasional, yang jatuh setiap 2 Oktober. Seperti yang dilakukan siswa Raudlatul Athfal (RA) Umi Sundari Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, yang belajar membatik di Sentra batik Ronggo Mukti, di kelurahan setempat.

Ditempat ini, sebanyak 62 siswa belajar tata cara pembuatan batik, bahan batik, peralatan, motif dan jenis kain batik. Tanpa canggung, mereka kemudian mewarnai kain batik diatas kain mori berukuran 225x 115cm.

Bagi anak-anak berusia lima tahunan ini, mencanting dan mewarnai kain batik merupakan pengalaman pertama. Mereka harus berhati-hati jika tidang ingin tinta meluber diluar desain, yang telah ditentukan sebelumnya.

“Pertama kali bejalar batik, tadi saya berhasil mewarnai dua mori berbentuk bunga. Sangat senang belajar batik,” terang Adelia Qonita, salah satu siswi yang bejalar membatik, Senin (2/10/2017).

Lailatul Khomsyah, Guru RA Umi Sundari yang mendampingi siswa belajar membatik mengatakan, pembelajaran secara langsung ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan anak didik terhadap warisan budaya bangsa.

“Selain itu, untuk mengasah psikomotorik siswa mas. Dengan mendesain dan menggambar diatas batik, kemampuan mereka kian terasah,” ujarnya.

Batik Ronggo Mukti, merupakan sentra produksi batik khas Kabupaten Probolinggo. Mori-mori yang dihasilkan dari produsen batik ini menggambarkan kondisi alam,budaya dan tradisi dari masyarakat lokal.

“Jadi yang kita angkat adalah batik dengan motif khas daerah, ikon Probolinggo seperti motif Gunung Bromo, Anggur, Mangga. Dan Padi. Desain terbaru ada motif Mie Jombor, hanya belum kita launching,” ujar Eva purnamasari, pemilik galeri batik Ronggo Mukti. (em/ela).

Baca Juga  Yakin Menang, HATI Diminta Tak Perlu Catut Nama Saat Kampanye

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …