Tolak Debat Publik, HATI Gelar Halal Bihalal dan Doa Bersama

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Janji pasangan calon (Paslon) HATI untuk tidak menghadiri debat publik sesi II di Surabaya, ternyata bukan isapan jempol semata. Terbukti, paslon nomor urut 1 itu tak berangkat ke Surabaya, sebaliknya menggelar halal bihalal dan doa bersama, Jum’at (22/6/2018) malam.

Halal bihalal dilakukan paslon P Tantriana Sari – HA Timbul Prihanjoko atau HATI terhadap ratusan pendukung fanatiknya, yang memadati kawasan Gedung Hasan Aminuddin Centre (HAC) di Jalan Raya Dringu, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. kepadatan massa pendukung, bahkan membuat jalur pantura macet hingga 5 kilometer.

Calon Bupati dari paslon HATI, Puput Trantiana Sari menegaskan bahwa ketidakhadirannya dalam debat publik sesi II sudah jauh-jauh hari disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo.Namun permintaan itu, kata Tantri, justru tak digubris oleh KPU.

“Ini wujud kepatutan kami kepada Undang-Undang, khususnya PKPU Tahun 2017 Pasal 20 ayat 6 yang menyatakan bahwa debat publik harus di wilayah setempat,” jelas Tantri saat menjelaskan keputusannya absen dalam debat kandidat yang digelar KPU setempat.

Sementara Pennasehat Tim Pemenangan HATI, Hasan Aminuddin menuturkan bahwa rakyat Kabupaten Probolinggo sejatinya menginginkan debat publik di wilayah teritorial sendiri. Sebab, menurut Hasan, debat kandidat tak memberikan manfaat jika dilakukan di Surabaya.

“Jadi kami siap tidak hadir dalam debat kandidat di Surabaya, HATI juga sudah siap untuk tidak mendapat iklan dari KPU di media manapun demi memperjuangkan keinginan rakyat,” papar Hasan.

Tekad untuk absen debat publik, lanjut Hasan, bukan karena paslonnya tidak siap berdebat ataupun ingin berseberangan dengan tahapan pilkada yang ditetapkan KPU. “Tetapi karena debat kandidat diluar Kabupaten Probolingggo tidak memberikan pendidikan politik dan justru menghamburkan uang rakyat,” tandas mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

Baca Juga  Produksi Turun, Petani Probolinggo Tetap Pasok Kebutuhan Jagung Nasional

Pasca gelar halal bihalal dan doa bersama, Tim HATI mengajak para simpatisan untuk nobar pertadingan sepak bola Piala Dunia 2018 dengan LCD projector yang telah disediakan. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhamad

Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …