TERPUKAU: Menparekraf, Sandiaga Uno, bersama Bupati Pasuruan dan Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur, menunjukkan edelweis khas Bromo. (foto: Moh. Rois) 

Kunjungi Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Menteri Sandiaga Uno Terpukau

Pasuruan,- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Edelweis Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (16/4/2023) siang.

Kunjungan Sandi ini dalam rangka melihat secara langsung Desa Wisata Edelweiss Wonokitri sebagai 75 desa wisata terbaik di Indonesia yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Kedatangan sandi, disambut dengan tari ujung. Tarian ini adalah salah satu tari tradisional dan kombinasi dari olah raga khas suku Tengger. Selain itu Sandi juga disambut dengan kesenian baleganjur dan ketipung slompret.

Setelah itu Sandi masuk ke dalam pendopo Wonokitri untuk mendengarkan paparan Kepala Desa Wonokitri dan Ketua Pengelola Desa Wisata Edelweiss.

Sandi dan Bupati Pasuruan beserta Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur, lantas menuju Taman Edelweiss untuk menyaksikan proses pembibitan, penyapihan dan diakhir dengan penanaman bibit bunga edelweiss.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengaku kagum dengan keindahan alam dan budaya warga Tengger.

“Mudah-mudahan dewan juri yang ada disini sama dengan saya. Saya sangat kagum dan mudah mudahan merasakan hal yang sama sehingga desa wisata ini bisa mendapatkan prestasi,” kata Sandi.

Menurut Sandi, yang membedakan desa ini dengan 74 desa wisata lainnya adalah dalam hal kerukunan antar umat beragama yang sangat dijaga betul.

“Ini harus terus dipertahankan, budanya dijaga, agribisnisnya dijaga dan pertaniannya jaga diutamakan, sehingga ini menjadi daya tarik wisata. Saya yakin ini bagain penciptaan dari 4,3 juta lapangan kerja ditahun 2024 yang ingin kami hadirkan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf merasa optimis Desa Wisata Edelweiss akan menjadi desa wisata terbaik di Indonesia. Hal itu disebabkan oleh lengkapnya sarana prasarana pendukung.

Baca Juga  PMK Gelombang Kedua Mengancam, Stok Vaksin Sisa Tiga Ribuan

Mulai dari infrastruktur jalan, rest area, hingga pelatihan dan pendampingan kepariwisataan untuk para guide atau pemandu wisata maupun warga yang dilibatkan.

“Saya optimis karena Mas Menteri tadi kagum sekali dengan apa yang ada di Wonokitri. Semuanya natural dan apa adanya. Apalagi Tosari ini khan sudah ditetapkan sebagai Kecamatan Bhineka Tunggal Ika oleh Menteri Agama. Jadi selain pemandangan alam dan budaya, kerukunan antar umat beragama sangat indah di sini,” ucap Bupati.

Ke depan, Gus Irsyad, sapaan akrab Bupati Pasuruan, berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk sama-sama membangun Desa Wisata Edelweiss menjadi jauh lebih berkembang.

“Paling penting wisata tidak hanya berwisata tapi edukasi, keberlangsungan alam dan keguyub rukunan warga setempat. Kalau sudah ramai, pasti multi efek playernya jalan alias perputaran ekonomi terus berlangsung. Inilah yang saya mau,” tutupnya.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …