WASPADA: Tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Krucil, beberapa waktu lalu. (foto: dok)

Curah Hujan Turun, Warga Diminta Tetap Waspadai Cuaca Ekstrim. 

Probolinggo,- Curah hujan di wilayah Kabupaten Probolinggo mulai menurun. Meski demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tetap ekstra waspada.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Zubaidullah mengatakan, cuaca ekstrim masih berpotensi di Probolinggo meski curah hujan mulai menurun.

Begitu pula Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda yang tetap mewaspadai terjadinya cuaca ekstrim diwaktu tertentu.

“Minggu lalu (Minggu, 9/4/23, sampai Minggu, 16/4/23 : red) rilis dari BMKG perihal waspada cuaca ekstrim dan angin kencang. Sampai saat ini pun masih kami waspadai,” kata Zubaidullah, Minggu (16/4/23).

Kemudian, aktifnya gelombang atmosfer Rossby dan Madden Julian Oscillation (MJO) secara spasial di Wilayah Jawa Timur termasuk Kabupaten Probolinggo, berpotensi meningkatkan curah hujan.

Selain itu, hangatnya kondisi perairan di Jawa Timur, menambah suplai uap air semakin banyak ke atmosfer.

“Lebih baik waspada, dengqmbegitu bisa mengurangi dampak maupun resiko jika terjadi bencana alam,” terangnya.

Tim Reaksi Cepat (TRC) juga disiapkan pihaknya dan berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk siap siaga melakukan penanganan jika terjadi bencana alam.

“Sejauh ini koordinasi masih begitu baik, jadi ketika ada bencana bisa penanganan bisa dilakukan dengan cepat,” pungkasnya.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Peredaran Makin Masif, Diskominfo-Bea Cukai Sosialisasi 'Gempur Rokok Ilegal'

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …