Polisi Rekontruksi Pembobolan ATM di Samping Eratex, Ini Kronologisnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Polres Probolinggo Kota melakukan rekontruksi aksi pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) milik BNI di jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Senin (27/5/2019).

Dalam rekontruksi di ATM samping pabrik textile Eratex itu, dua pelaku yakni yakni Susilo Hadi Hermansyah (54), warga Sumenep, Madura dan Sugiyono (45), warga Tegal Gede, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah, memperagakan proses pembobolan.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian menjelaskan, saat melakukan aksi kejahatan pelaku sudah menyiapkan peralatan. Beberapa peralatan itu diantaranya remot elektrik, tongsis yang sudah dimodifikasi dan cat pilox.

“Alat tersebut digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Termasuk cat pilox untuk melakukan pengecatan terhadap kamera CCTV yang ada dalam ruang ATM,” tegasnya.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal saat memimpin rekontruksi pembobolan ATM di samping Eratex. (Foto : Efendi Muhammad)

Namun aksi pelaku tak berjalan mulus karena terdeteksi vendor ATM, buah kerjasama pihak perbankan dengan kepolisian. “Melalui vendor, kita ketahui kalau ada aksi yang menggangu mesin ATM, termasuk vandalisme,” ujar Alfian.

Sebelum pelaku kabur, kepolisian dibantu satpam lalu membekuk pelaku dan mengamankan barang bukti. Diketahui, uang tunai yang berhasil ditarik oleh pelaku sejumlah Rp 20 juta, dan dalam proses dimasukkan ke dalam saku celananya.

“Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman lima tahun penjara,” ujar Alfian.

Sementara, Kepala Cabang BNI Kota Probolinggo Sri Wijayanti menyebut pembobolan mesin ATM itu sempat membuat nasabahnya mengeluh. Sebab, banyak nasabah yang gagal saat melakukan transaksi di ATM tersebut.

“Kita lakukan sosialisasi kepada nasabah, InsyaAllah setelah itu tidak ada permasalahan,” tandas Sri di lokasi.

Diketahui, pembobolan ATM dilakukan pelaku pada Sabtu (25/5/2019) dini hari. Namun belum sempat membawa kabur uang hasil kriminal, pihak kepolisian dibantu satpam Bank BNI meringkus kedua pelaku. (*)

Baca Juga  Bersaing Ketat, Ini TPS 4 Cawali Kota Probolinggo

 

 

Penulis : Mohamad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …