Tangkapan layar video aksi.emak-emak saat mencuri kalung emas. (Kreator: Hafiz Rozani)

Modus Pura-pura Beli Emas, Sepasang Emak-emak Gondol Kalung Senilai Rp5 Juta

Probolinggo,- Pencurian emas terjadi di toko emas Jalan Kyai Sekar, Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Dua orang pelaku dengan cepat membawa kabur sebuah kalung emas, seberat 9 gram dan aksinya terekam CCTV.

Pemilik Toko Emas Bintang 52, Susiowati mengatakan, pencurian emas ini terjadi pada Kamis lalu sekitar pukul 08.37 WIB. Saat itu dua perempuan datang ke toko emas dengan berjalan kaki.

Dengan dibantu seorang karyawan, pelaku meminta karyawan menunjukkan beberapa perhiasan emas. Ketika karyawan lengah, sebuah kalung emas diambil oleh salah satu pelaku.

“Jadi modus dua perempuan yang diperkirakan usia 40 tahun ini pertama meminta dikeluarkan dua perhiasan emas. Karena kurang cocok, pelaku meminta karyawan untuk kembali mengeluarkan emas lainnya. Saat lengah itulah, salah satu pelaku mengambil emaa berjenis kalung,” ujar Susiowati, Senin (6/5/24).

Susiowati mengungkapkan, setelah emas diambil, agar tidak curiga, emas berupa kalung langsung dipakai oleh pelaku. Selain itu emas yang dibawa kabur pelaku memiliki berat 9,80 gram.

Jika ditotal harga emas yang dicuri Rp 5,8 juta. Namun emas hilang baru diketahui hari Sabtu sore saat totalan perhitungan barang dan uang.

Setelah dicek di CCTV barulah diketahui bahwa, emas tersebut dicuri oleh dua perempuan yang pada hari Kamis datang ke toko emas.

“Sampai saat ini, kejadian pencurian di toko emas belum saya laporkan ke pihak kepolisian,” katanya.

Sementara dikonfirmasi terpisah Kapolsek Leces, AKP Rini Ifo Nila Krisna mengatakan, korban sampai saat ini belum melaporkan kejadian tersebut. Namun korban sudah diimbau untuk melapor.

“Korban sampai sekarang belum melapor, dan sudah kami imbau. Nantinya akan kami selidiki setelah korban melapor,” ujar Nila. (*)

Baca Juga  Daftar Tunggu Berangkat Haji di Kab. Probolinggo Normal Kembali, 35 Tahun

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Nyaru Jadi Debt Collector, Tiga Maling Motor di Probolinggo Diringkus Polisi

Probolinggo,- Tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) digulung Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Probolinggo. …