BARU: Lima komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo Periode 2023 - 2028 mayoritas wajah baru. (foto: Ali Yak'lu)

Bawaslu Kabupaten Probolinggo Dilantik, Hanya Sisakan Satu Petahana

Probolinggo,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo sempat tanpa komisioner definitif sejak Selasa (15/8/2023) lalu, pasca purna tugasnya para komisioner lama.

Bawaslu di kota mangga akhirnya memiliki komisioner baru yang dilantik pada Sabtu (19/8/2023) malam oleh Bawaslu RI di Hotel Pullman Jakarta.

Lima komisioner yang dilantik mayoritas merupakan muka baru. Kelimanya adalah Sipuadi, Ubaidillah, Tola Ediy, Ach. Mawardi Azkiya, dan Yonki Hendriyanto. Hanya Yonki yang merupakan wajah lama atau petahana periode sebelumnya.

Yonki mengatakan, dengan dilantiknya para komisioner kini formasi Bawaslu di Kabupaten Probolinggo sudah lengkap. Selanjutnya, pihaknya akan bekerja maksimal dalam dunia pengawasan pemilu, agar pemilu dapat terus berjalan dengan baik.

“Alhamdulillah, kami semua sudah dilantik, dan sekarang sedang dalam perjalanan pulang ke Probolinggo untuk start bekerja,” kata Yonki, Minggu (20/8/2023).

Sebelumnya, pengumuman lima komisioner bawaslu kabupaten/kota se-Indonesia termasuk untuk Kabupaten Probolinggo sempat ditunda. Hal ini pun berimbas terhadap kekosongan jabatan komisioner bawaslu.

Semula, pengumuman komisioner terpilih untuk kabupaten/kota periode 2023 – 2028 akan dilakukan oleh Bawaslu RI pada Sabtu (12/8/2023).

Hal ini ditunda ke Senin (14/8/2023) atau hari terakhir komisioner lama bertugas, namun Bawaslu RI kembali menundanya dengan alasan sistem pemasukan data Bawaslu RI diretas orang tak dikenal.

Pengumuman akhirnya dilakukan setelah keluarnya Surat Ketua Bawaslu RI Nomor 565/KP.05/K1/08/2023 tentang Pengambilalihan Tugas dan Wewenang Bawaslu/Panwaslih Kabupaten/Kota, yang terbit tanggal 15 Agustus 2023 lalu. Para komisioner terpilih baru dilantik pada Sabtu (19/8/2023) malam. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Tepergok Polisi, Komplotan Maling Sapi Tinggalkan Hewan Curian

Baca Juga

Innalillahi! Moh. Haerul Amri, Pejuang Pendidikan di Pasuruan-Probolinggo itu Berpulang

Probolinggo,- Kabar duka dari Senayan, Jakarta. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Moh. Hairul Amri, …