KHAS TENGGER: Salah satu tarian yang ditampilkan dalam Festival Tengger di amfiteater Desa Ranupani, Senduro, Lumajang. (foto: Asmadi)

Puji Festival Tengger, Bupati Lumajang: Pertunjukan Berkelas

Lumajang,- Festival Tengger yang tersaji di amfiteater Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Sabtu (19/8/23), sukses digelar. Ratusan pengunjung memadati amfiteater untuk menyaksikan pertunjukan sendratari khas Suku Tengger itu.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyebut, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang untuk mendukung pengembangan wisata, kesenian dan budaya di wilayahnya.

Menurutnya, Desa Ranupani adalah salah satu desa yang menjadi surganya Kabupaten Lumajang. Sebab, di desa yang berada di kaki Gunung Semeru itu, suasananya sangat nyaman untuk bersantai dengan keluarga maupun kerabat.

“Dengan adanya event seperti ini, tentunya daya tarik Ranupani kedepannya akan semakin bagus,” kata Cak Thoriq, sapaan akrab Thoriqul Haq.

Disamping itu, Thoriq menjelaskan, Festival Tengger juga sebagai wujud keberagaman dan kebersamaan warga Suku Tengger dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Thoriq juga memberikan saran agar tari-tarian yang ditampilkan seperti tari Bedhoyo, tari Jenggirat Bumi Tengger dan Tari Topeng Tengger bisa dimodifikasi. Dalam artian, ada tarian yang memang disuguhkan untuk menyambut tamu atau turis yang datang.

“Saya minta kepada Dinas Pariwisata (Kabupaten Lumajang) untuk mengkreasikan supaya bisa lebih ditonjolkan sebagai tari pertunjukan,” ujarnya.

“Ini bagus sekali. Tadi saya lihat ada pertunjukan dan budaya yang bisa ditontonkan dengan kesenian yang benar-benar berkelas,” tutupnya memungkasi. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga  Pemilu 2024, KPU Lumajang Khawatir Intensitas Hujan Hambat Distribusi Surat Suara

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …