Meski Bukit Teletubbies Terbakar, Wisatawan Boleh Masuk Bromo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Terbakarnya Bukit Teletubbies di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger (TNBTS) pada Minggu (2/9/2018) rupanya tak membuat destinasi wisata itu ditutup. Hanaya saja wisatawan diminta tidak mendekati kawasan yang terbakar di Jemplang, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Hingga Minggu sore ini kebakaran padan savana di TNBTS yang ditumbuhi rerumputan seperti alang-alang dan tanaman perdu seperti, pakis dan adas itu mencapai luasan sekitar 50 hektare. Setidaknya 320 petugas baik dari TNBTS, BPBD Kabupaten Malang dan BPBD Kabupaten Probolinggo, polisi, TNI, hingga relawan Bromo Lovers dan Forum Sahabat Gunung, dikerahkan untuk menjinakkan api.

Kasi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan pada Bidang Teknis TNBTS Cahyo mengatakan, lahan seluas 50 hektare tersebut masih asumsi . Pasalnya api hingga kini masih belum bisa dipadamkan sepenuhnya.

“ini masih asumsi atau perkiraan, karena saat ini kebakaran masih terjadi. Apalagi saat ini, sudah merambat ke tempat yang lain,” ucap Cahyo.

Kendati Bukit Teletubbies terbakar, jalur wisata Bromo tidak ditutup. Banyak pengunjung yang masih di sekitar lokasi memanfaatkan handphone-nya untuk mengabadikan momen kebakaran tersebut.

Atas hal itu, Kapolsek Sukapura AKP Kusmidi mengimbau pada wisatawan tetap berhati-hati. Pasalnya kebakaran masih berlangsung.

“Kami berusaha mencegat para wisatawan yang hendak ke Jemplang arah Malang. Namun jalur wisata tidak ditutup sehingga para wisatawan perlu berhati-hati apalagi angin kencang,” ujar Kusmidi. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Korban Banjir Bandang Tiris Krisis Air Bersih

Baca Juga

Tak Lagi Berjam-jam, Bayar Pajak di Samsat Bangil Kini Hanya 10 Menit

Pasuruan,- Kantor Samsat Bangil, Kabupaten Pasuruan menghadirkan inovasi baru bernama Smart Thru untuk mempermudah dan …