Bukit Teletubbies di Gunung Bromo Terbakar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Bukit Teletubies di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS) terbakar. Kebakaran yang bermula sejak Sabtu lalu itu hingga Minggu (2/9/2018) siang masih belum padam.

Berdasar pantauan PANTURA7.com, api yang membakar tebing di kawasan Bukit Teletubbies dan Gunung Watangan itu terjadi pada pukul 11.00. Kebakaran rerumputan dan semak belukar di kawasan TN BTS itu terlihat dari kawasan Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Dihubungi melalui telepon, Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarmin membenarkan. “Benar, kebakaran itu terpantau sejak kemarin siang,” ujarnya, Minggu.

Sarmin menambahkan, titik api diketahui bermula di savana di area Jemplang, Kabupaten Malang. Angin yang kencang membuat api cepat membesar dan menyebar. Apalagi, rerumputan dan semak belukar kering pada musim kemarau, menurutnya memudahkan api menyebar dan sangat sulit dipadamkan.

Solusinya agar api tidak semakin menjalar, kata Sarmin, dengan membuat sekat. Dengan sekat (pemisah) itu api dilokalisir di kawasan tertentu sehingga tidak merembet ke mana-mana.

“Upaya yang diambil hanya menjaga api tidak melompati sekat yang sudah dibuat petugas agar api tidak semakin menyebar,” tutupnya. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Kunjungi Genggong, Prabowo : Keluarga Ini Sahabat Lama Saya

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …