Kebakaran Sampah di PPM Nyaris Hanguskan PT KTI

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kawasan semak-semak (ilalang) dan mangrove yang berada di kawasan Pelabuhan Perikanan Mayangan (PPM) Kota Probolinggo Minggu (2/9/2018) pagi terbakar. Yang mengkhawatirkan, kebakaran lahan seluas sekitar 15 hektare (Ha) itu nyaris merembet ke pabrik PT Kutai Timber Indonesia (KTI) yang berada di dekatnya.

Berdasar informasi yang berhasil dihimpun PANTURA7.com, kebakaran dipicu terbakarnya tumpukan sampah yang menumpuk di semak belukar. “Awalnya ada sampah yang dibakar sekitar pukul 11.00, kemudian merembet dan meluas hampir mengenai pabrik. Warga pun langsung teriak dan ada yang menghubungi pemadam kebakaran,” kata Taufan (33), pekerja pengiriman ikan di PPM.

Kobaran api dengan cepat menyambar semak belukar kering dan tanaman mangrove di sebelah barat jalan masuk menuju PPM. Apalagi embusan angin kencang menerpa kawasan panti utara sehingga api semakin berkobr.

Asmari, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo mengatakan, kebakaran diperkirakanmulai terjadi pukul 11.00, yang bersumber dari tumpukan sampah.

“Sekitar pukul 11.00, kami dapat informasi langsung turun dengan dua unit damkar. Sehingga kami langsung eksekusi,” ujar Asmari.

Tambahnya, petugas sempat kesulitan pasalnya di lahan yang luas itu pipa pemadam tak cukup untuk mencapai lokasi api yang berada di dekat pabrik.

Beruntung kebakaran tersebut tak menimbulkan korban jiwa ini. Yang jelas, dibantu pihak pabrik kayu lapis dan particle board, pihak Damkar berhasil mengatasi api. Sampai berita ini ditulis damkar masih melakukan pembasahan lahan agar tak muncul titik api. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Tahun Depan, DKPP Siapkan Puluhan Ribu Pupuk Subsidi

Baca Juga

Jutaan Ubur-ubur ‘Invasi’ Perairan Probolinggo, Jadi Daya Tarik Pengunjung

Probolinggo,- Perairan Probolinggo sejak sepekan yang lalu kembali diserbu jutaan ubur-ubur. Meski dipenuhi ubur-ubur, fenomena …