FAVORIT: Air Terjun Tumpak Sewu di Desa Pronojiwo, Pronojiwo, Lumajang, jadi jujugan favorit wisatawan asing. (foto: Asmadi)

Magnet Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Dikunjungi Ribuan Turis Tiap Bulan

Lumajang,- Air Terjun Tumpak sewu yang terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, menjadi salah satubjujukan favorit para wisatan lokal maupun asing.

Air terjun Tumpak Sewu yang berada dibawah kaki Gunung Semeru, memiliki spot yang menakjubkan. Keindahan alam di wisata ini, disebut-sebut sebagai spot air terjun terbaik di Indonesia.

Wisatawan bisa menyaksika keindahan air terjun yang mengalir dari tebing dari berbagai sisi. Selain itu, wisatawan juga bisa turun untuk menyaksikan langsung keindahan alam dari bawah.

Agar bisa sampai ke bawah, wisatawan harus melewati jalan setapak sejauh sekitar 200 meter. Wisatawan yang melewati akses ini, harus berhati-hati karena jalan tergolong curam dan licin jika musim penghujan tiba.

Dari bawah, Air Terjun Tumpak Sewu akan terlihat lebih megah karena tampak menjulang tinggi dan melingkar. Seolah para wisatawan berada dalam jurang yang teramat dalam dan curam.

Di sekitar lokasi ini, juga disediakan sejumlah fasilitas penunjang wisata seperti penginapan, sewa kendaraan hingga guide tour. Bahkan banyak pelaku UMKM yang memanfaatkan tingginya kunjungan wisata di destinasi ini untuk mengais rezeki.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati menyebut, selama Januari sampai Juni 2023, sedikitnya 5 ribu wisatawan mancanegara singgah di Air Terjun Tumpak Sewu.

Wisatawan asing yang mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu, mayoritas berasal dari Thailand, Malaysia, Singapura, Belgia, dan Rusia.

“Ini yang Tumpak Sewu, wisatawan mancanegara mencapai lima ribu lebih dari bulan Januari sampai Juni 2023, paling banyak di Tumpak Sewu, di Pronojiwo dan sekitarnya,” terang Yuli, Minggu (12/11/23).

Menurut Yuli Haris, untuk memudahkan wisman menjelajah setiap spot wisata di Kecamatan Pronojiwo, Pemkab Lumajang telah menyediakan layanan Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Pronojiwo. Layanan ini akan memberi pilihan paket dan rute wisata terbaik.

Baca Juga  KA Probowangi Hantam Isuzu Elf di Klakah Lumajang, 11 Orang Meninggal

“Kalau akan menjelajah keindahan Pronojiwo dan bertanya tentang wisata di Pronojiwo, datang saja ke PIP di kantor Desa Pronojiwo, belakang kantor Kecamatan Pronojiwo,” sampainya.

Yuli menjelaskan, PIP merupakan salah satu program realisasi Program Desa Berdaya dari Dinas Pemberdayaan Provinsi Jawa Timur yang didukung oleh DPMD Kabupaten Lumajang.

“Saya berharap melalui kolaborasi dan dukungan program lembaga dan instansi terkait, pariwisata Kabupaten Lumajang terus berkembang dan maju,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …