Pasca Ditutup Untuk Nyepi, Jalur Bromo Longsor

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Longsor terjadi di jalur menuju lautan pasir Bromo di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Minggu (18/3/2018). Meski tak menelan korban jiwa, namun kejadian ini menyebabkan jalur wisata ini tak bisa dilintasi kendaraan bermotor.

Kasi Tengger Laut Pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) subur mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 2.00 WIB. Tebing longsor berada sesudah pintu masuk atau tiket Cemorolawang. Material longsor cukup tebal sehingga kendaraan bermotor, baik jip dan sepeda motor tak bisa melintas.

“Kejadiannya dinihari tadi, posisinya dibawah punden. Ketinggian tebing yang longsor sekitar 80 meter, lebar 25 meter dengan tingkat kumbinasi sekitar 2.000 kubik,” kata Subur saat ditemui di lokasi.

Sebelum longsor, jelas Subur, di kawasan tersebut tidak terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Bahkan sejumlah wisatawan sudah berada di lautan pasir, begitu jalur wisata Bromo dibuka dua jam sebelumnya. Para pengunjung ini sudah berada di kawasan Bromo, namun tak bisa ke lautan pasir karena jalur ditutup selama perayaan Nyepi.

“Jadi pengunjung yang tidak bisa masuk saat Nyepi kemarin, begitu jalur dibuka mereka langsung turun ke Kaldera, mengejar matahari terbit di puncak kawah,” Subur menjelaskan.

Terpisah, Camat Sukapura Yulius Christian menjelaskan, begitu menerima laporan peristiwa tersebut pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk normalisasi jalur. Sebab, jalur itu harus segera bersihkan karena merupakan jalur utama wisata dan akses transportasi warga setempat.

“Kami akan datangkan alat berat, jika hanya menggunakan alat-alat manual, pembersihan material longsor bisa memakan waktu lama. Untuk korban jiwa, tidak ada laporan mas,” tandas Yulius. (*)

 

 

Penulis : M. Ali Gufron
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Kali Wrati Meluap, 2 Desa di Beji Terendam Banjir

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …