DIAWASI: Pengawasan kesehatan sapi potong diperketat menjelang Idul Adha. (foto: dok)

Jelang Idul Adha, Pengawasan Kesehatan Hewan Ditingkatkan

Probolinggo,- Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah sudah kurang sekitar sebulan lagi. Namun, pengawasan terhadap kesehatan dan lalu lintas hewan sudah mulai ditingkatkan oleh Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, petugas teknis pada Disperta setempat makin gencar melakukan vaksinasi dan mengawasi lalu lintas hewan.

Langkah ini demi memastikan kesehatan hewan. Baik dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) atau pun Lumpy Skin Desease (LSD).

“Saat ini dua penyakit ini (PMK dan LSD) masih jadi atensi. Tenaga teknis di lapangan tetap melakukan pemetaan untuk menanggulangi penyakit ini,” katanya, Jumat (26/5/2023).

Disperta masih terus menyediakan stok vaksin bagi ternak. Pasalnya, hingga saat ini kegiatan vaksinisasi masih cukup efektif untuk menjaga kesehatan hewan dari berbagai macam virus.

“Vaksinasi tetap kami dilakukan. Apalagi menjelang Idul Adha. Kesehatan hewan harus lebih terjamin, terkhusus untuk sapi dan domba,” imbuhnya.

Selain pengawasan terhadap kesehatan hewan dengan cara vaksinasi tersebut, petugas teknis Disperta setempat juga terus melakukan pengecekan ke pasar-pasar hewan yang ada.

Sebab, hewan yang datang dari luar daerah masih berpotensi membawa penyakit atau virus.

“Sengaja kami lakukan jauh-jauh, agar pada saat Idul Adha nanti, kesehatan hewan itu terjamin. Karena pastinya akan ada lonjakan permintaan,” paparnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Sandiaga Uno Minta Pemerintah Hemat Soal IMF-World Bank

Baca Juga

Momentum Hari Lahir Pancasila, Bupati Lumajang: Ayo Gotong Royong Bangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

Lumajang,- Hari Lahir Pancasila merupakan hari yang bersejarah bagi Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 …