Mantab! Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP ke-10 Kalinya

Sidoarjo,- Genap 10 kali berturut-turut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2022 tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur, Karyadi, kepada Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jatim, Sidoarjo, Kamis (25/5/2023) sore.

Turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto, Inspektur Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina serta Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian.

Wabup Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko menyampaikan, opini WTP ke-10 yang diraih secara berturut-turut sejak 2013 itu merupakan prestasi yang membanggakan sekaligus tantangan besar sehingga harus dipertahankan dan terus disempurnakan.

“Pemkab Probolinggo juga diapresiasi oleh BPK karena tindaklanjut rekomendasi hasil pemeriksaan 98,42 persen, tertinggi di Jawa Timur sampai dengan semester II tahun 2022,” kata Timbul bangga.

Wabup Timbul mengaku bersyukur dan raihan opini WTP ini menurutnya merupakan prestasi bersama masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Saya berharap birokasi Kabupaten Probolinggo terus dimampukan untuk senantiasa mempertahankan prestasi ini,” imbuhnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengaku puas dan bangga atas kinerja Pemkab Probolinggo yang mampu mempertahankan opini WTP bahkan sampai 10 kali berturut-turut

Untuk mendapatkan opini WTP, sebut Andi, bukan perkara mudah. Pemkab Probolinggo harus mampu menyajikan laporan keuangan secara profesional, akuntabel dan transparan sebagai alat pertanggungjawaban kepada publik.

Baca Juga  Disengat Lebah Jari Bengkak, Terpaksa Cincin Emas Dipotong

“Selamat atas diraihnya opini WTP yang ke-10 kali bagi Kabupaten Probolinggo. Mudah-mudahan tahun depan kita bisa meraihnya lagi. Adanya temuan-temuan BPK wajib kita tindaklanjuti dan kita perbaiki bersama agar apa yang kita capai selama ini bisa terus dipertahankan,” tandas dia.

Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur, Karyadi, dalam sambutannya memberikan ucapan selamat serta mengapresiasi kepada semua Pemerintah Daerah yang telah meraih dan mempertahankan Opini WTP.

“Masih ada beberapa temuan yang harus diperhatikan dan terus diperbaiki. Terima kasih atas support jajaran pemerintah daerah di Jawa Timur dengan memberikan data dan berkomunikasi yang baik dengan kami sehingga perjalanan pemeriksaan ini berjalan dengan lancar,” ucapnya. (Adv)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tambah PJU, Dishub Probolinggo Gelontorkan Anggaran Hampir Setengah Miliar

Probolinggo,- Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo secara bertahap terus menyediakan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sekitar setengah …