NIKMAT: Pengunjung menikmati wisata kuliner di Godhong Gedhang, Lumajang. (foto: Asmadi).

Maknyus! Menikmati Lezatnya Ayam Ingkung di Kaki Gunung Semeru 

Lumajang,- Bagi pecinta kuliner, rasanya tidak lengkap jika belum berkunjung ke Warung Makan Ekowisata Godhong Gedhang, yang berada di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Di warung area persawahan ini, aneka makanan khas nusantara disajikan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana alam yang amat Instagramable ala tempo dulu.

Saat memasuki warung, suasana ruangan sangat sejuk karena pada kanan kiri warung terhampar tanaman padi. Tak hanya itu, pengunjung juga leluasa menikmati indahnya Gunung Semeru yang tergambar jelas.

Salah satu pengunjung Suko Hermanto mengaku sangat senang bisa menikmati makanan Ingkung dan ayam bakar, yang menjadi menu andalan di warung itu. Sebab bisa mengobati kerinduannya akan makanan tersebut.

“Ikannya halus dan lembut, sangat enak, ditambah bumbunya yang meresap hingga ke dalam daging,” ucapnya puas.

Pemilik Warung Godong Gedang Mufidun Alamin menyampaikan, penyajian ingkung dan ayam bakar menjadi menu istimewa di warung ini.

“Dengan cara dibakar dengan bumbu andalan. Dilengkapi komposisi bumbu rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan,” tuturnya.

Dijelaskan Alamin, menu ayam ingkung merupakan ayam utuh yang dihidangkan bersama jeroannya. Untuk memasaknya, menggunakan ayam jawa asli yang dimasak dengan cara diungkep.

Hasilnya, daging cukup empuk dan lembut dengan balutan bumbu yang gurih mantap. Ayam Ingkung autentik Jawa memakai ayam kampung yang baru dipotong.

Bagian perutnya diisi dengan kelapa parut dan bumbu lalu dimasak utuh hingga daging ayam menjadi lembut dengan rasa opor yang meresap.

“Untuk menjamin rasa, kita tangani langsung dalam memasaknya. Penggunaan bumbu Jawa itu harus pas,” jelasnya.

“Untuk hanga Ayam Ingkung ini Rp85 ribu, sedangkan untuk ayam bakar bumbu rempah harganya Rp 22 ribu per porsi,” tambahnya. (*)

Baca Juga  Bahagianya Penyintas Semeru, Akhirnya Punya Rumah Hunian Tetap

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …