Kantor Dinas kesehatan dan P2KB

Januari – Maret, Ditemukan Tujuh Kasus Leptospirosis, Dua Meninggal

Probolinggo – Sejak Januari – Maret (hingga 13 Maret) 2023, terdapat tujuh kasus Leptospirosis, dengan dua kasus kematian. Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo mengimbau, masyarakat untuk berhati-hati khususnya di lingkungan yang terdapat banyak tikus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB, dr. Nurul Hasanah Hidayati. “Dari data yang kami miliki, tujuh warga yang terjangkit ini, satu warga Kecamatan Mayangan, satu warga Kecamatan Wonoasih, tiga warga Kecamatan Kedopok, dan dua warga Kanigaran,” ujarnya, Senin (13/3/2023).

Sedangkan dua warga yang meninggal akibat penyakit Leptospirosis ini, warga Kecamatan Wonoasih dan warga Kecamatan Kanigaran. Kedua warga ini meninggal di awal Maret dan minggu kedua Maret. Untuk dua warga yang meninggal ini berusia 33 tahun dan 58 tahun.

Dokter Ida, panggilan akrab dr. Nurul Hasanah Hidayati mengatakan, penyebaran penyakit Leptospirosis ini disebabkan oleh bakteri Leptospira yang dapat menyebar melalui kencing tikus. Selain itu, penyebaran bakteri melalui urine ini biasanya terdapat pada genangan air.

“Biasanya genangan yang sudah tercemar kencing tikus inilah yang dapat menularkan penyakit ini. Selain itu, penyakit ini akan menular ke manusia melalui luka yang di milikinya,” ujarnya.

Untuk gejala orang yang terjangkit penyakit ini mulai dari demam, badan terasa sakit semua, hingga yang terparah penyakit ini dapat menyerang ginjal, hingga lever. Jika tidak di tangani secara tepat, maka, dapat menyebabkan kematian.

Untuk pencegahannya sendiri, bagi warga yang beraktivitas pada lingkungan yang rentang adanya pencemaran kencing tikus untuk menggunakan pelindung, mulai sepatu bot, hingga sarung tangan.

“Upaya pemkot sendiri untuk mencegah penularan penyakit ini yakni mengeluarkan SE terkait penyakit ini. Kami juga telah memperkuat surveillance di daerah sekitar pasien yang terpapar, serta juga di setiap puskesmas telah menyiapkan Rapid Diagnotic Test (RDT) untuk mendeteksi penyakit ini,” imbuhnya.

Baca Juga  Dua Cucu Jenazah Covid-19 Kalibuntu Ikut Swab

Selain upaya tersebut, Dinkes dan P2KB terus melakukan sosialisasi terkait penyakit inim Penyakit ini banyak terjadi di musim hujan yang banyak genangan serta terdapat banyak tikus. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …