LONGSOR: Tanah longsor yang terjadi di Desa Tambak Ukir, Kec. Kotaanyar. (foto: Ainul Jannah)

Hujan Lebat Picu Tanah Longsor di Probolinggo, Tersebar di 2 Titik

Kotaanyar,- Hujan lebat yang terjadi di wilayah Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo, mengakibatkan tanah longsor di Desa Tambak Ukir, kecamatan setempat Rabu (8/2/23) dini hari.

Warga setempat, Abdul Kholiq mengatakan, hujan deras terjadi di desanya dari siang hari hingga larut malam. Akibatnya, longsor tersebut terjadi di dua titik di Desa Tambak Ukir.

Tebing longsor tersebut berada di dekat pemukiman warga dengan tinggi sekitar 7 meter. Masing-masing di dekat rumah Suratmi (70) dan Surya (50).

“Itu pas di samping rumah warga yang longsor dan hampir menutup kandang sapi warga. Untungnya itu, tanah longsor masih terhambat sama pohon,” kata Kholiq, Rabu (8/2/23).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Tambak Ukir, Moh. Tarsan mengatakan, pihaknya telah membersihkan material longsor dengan cara bergotong royong.

“Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggualangan Bencana Daerah). Sementara kami hanya bersih-bersih lumpur di lokasi,” terangnya.

Tenaga Teknis Pusdalops BPBD Kabupaten Probolinggo, Silvia Verdiana mengatakan, pihaknya akan segera melakukan asesmen ke lokasi longsor.

Selain di di wilayah Kecamatan Kotaanyar, longsor juga terjadi di Kecamatan Pakuniran. Bahkan bencana ini terjadi di dua titik yaitu di Desa Kalidandan, dan Desa Blimbing.

“Secepatnya akan kami lakukan asesmen. Sementara ini kami masih berkoordinasi bersama pihak desa. Longsor di Pakuniran menutup jalan dan mengenai rumah warga,” ungkap Silvia.(*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Nahas! Pelajar SMA di Beji Tewas Tersambar KA Komuter

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …