DISANTUNI: Korban Elpiji Ngowos dapat santunan dari Hiswana Migas. (foto: Moh. Rois)

Korban Elpiji ‘Ngowos’ di Rembang Pasuruan Dapat Santunan

Pasuruan,- Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Pasuruan turun tangan pasca insiden tabung LPG bocor di Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Kejadian itu mengakibatkan 5 orang alami luka bakar.

Koordinator Hiswana Migas untuk wilayah Pasuruan, Dwi Hardono mengatakan, bahwa melihat kronologi kejadian, penanganan yang dilakukan menurutnya salah.

Hardono menyebut, LPG ‘ngowos’ tidak boleh dimasukan kedalam ruang tertutup melainkan dibawa ke tempat terbuka. Hal itu untuk mengantisipasi gas yang bocor mengendap di dalam rumah.

“Kalau dilihat dari kronoliginya tabung yang bocor itu dibawa ke bak mandi, itu salah. Seharusya elpigi bocor segera dibawa ke tempat terbuka, supaya gasnya itu keluar semua, tidak mengendap di dalam rumah,” kata Hardono, Kamis (9/2/2023).

Dengan begitu, kata Hardono gas yang bocor dipastikan akan aman. Sebab, jika gas mengendap dalam rumah, maka akan mudah tersulut api.

“Seperti kejadian yang terjadi di Desa Sumberglagah itu kan karena masih berada di dalam ruangan. Jadi ketika ada api gasnya tersulut,” ungkapnya.

Selasa (7/2/2923) siang, perwakilam Hiswana Migas pun mendatangi para korban di RSUD Bangil. Kedatangannya itu, untuk memberikan santunan kepada keluarga korban.

“Kami prihatin atas kejadian yang ada di Rembang itu Kami kemarin datang dan memberikan santunan kepada korban,” ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 5 warga Desa Sumberglagah, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan tersulut api akibat tabung gas elpiji bocor, Minggu (5/2/2023). Akibatnya lima perempuan tersebut mengalami luka bakar dan dilarikan ke rumah sakit.

Kelima korban yang tersulut api adalah Rokha (81), Huroida (31), Hardiyanti Rukmana (23), Huzaimah (51) dan Humaimah (60). Seluruh koban menjalani perawatan di RSUD Bangil. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Besok, Gus Ipul-Mas Adi Dilantik sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota Pasuruan

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …