BERANTAS: Dinas Ketahanan Pangan Kab. Probolinggo menyemprotkan insektisida untuk memerangi hama wereng coklat. (foto: Ainul Jannah).

Puluhan Hektar Tanaman Padi di Pakuniran Diserang Wereng Coklat, Petani Terancam Gagal Panen

Pakuniran,- Tanaman padi seluas 27 hektar di Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo terancam gagal panen gegara diserang hama wereng coklat.

Menyikapi hal itu, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Probolinggo pun melakukan penyemprotan insektisida Abuki ke tanaman padi milik warga di Desa Kertonegoro, Kecamatan Pakuniran, Kamis (9/2/23).

“Ini merupakan upaya pencegahan penularan hama wereng coklat kepada padi lainnya. Sementara ini, ada 27 hektar lahan sawah warga yang terdampak hama wereng coklat,” ujar Kepala Dinas Pertahanan Pangan Kabupaten Probolinggo, Yahyadi.

Yahyadi mengatakan, jika serangan hama wereng dibiarkan maka para petani akan gagal panen. Bahkan berpotensi mengakibatkan krisis pangan di Kabupaten Probolinggo.

“Bayangkan saja, ini saja sudah 27 hektar terdampak, ini kalau dibiarkan selama dua atau tiga hari saja maka petani akan gagal panen,” prediksinya.

Yahyadi mengimbau agar masyarakat segera melapor kepada pihaknya mengenai informasi pertanian yang terjadi di masyarakat. Tujuan, agar dinas bisa segera melakukan tindakan.

“Saat ini, ketersediaan pangan di Kabupaten Probolinggo kosong, karena kesediaan sudah dialokasikan di bulan 11 tahun 2022 lalu di tiga titik yaitu di Kecamatan Tiris, Kotaanyar, dan Krucil,” ungkapnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Asyik Berendam di Pelabuhan Mayangan, Tiba-tiba Meninggal

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …