Produksi Garam di Probolinggo Hanya 3.244 Ton, Jauh dari Target

Dringu,- Cuaca ekstrim yang terjadi di Kabupaten Probolinggo dan sekitarnya di sepanjang tahun 2022 mengakibatkan produksi garam tidak maksimal. Akibatnya, target panen pun gagal total.

Data yang dihimpun Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, produksi garam sepanjang tahun 2022 hanya 3.244 ton. Padahal, target produksi yang ditetapkan selama kurun waktu tersebut sebanyak 12.000 ton.

“Target tidak tercapai. Saat ini kami belum dapat informasi dari Dinas Perikanan Provinsi Jatim berapa target produksi garam tahun 2023,” kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Hari Pur Sulistiyono, Minggu (8/1/23).

Hari mengatakan, bencana hidrometeorologi di Kabupaten Probolinggo seperti hujan dengan intensitas tinggi serta hujan yang terjadi terus menerus, membuat produk garam anjlok.

Beberapa daerah sentra produksi garam seperti wilayah Kecamatan Dringu, Gending, Pajarakan, Kraksaan, dan Paiton, tidak mampu memaksimalkan hasil panen. Sebab banyak petani garam gagal panen.

“Cuaca tahun ini tidak mendukung produksi garam. Meskipun kemarau tetap terjadi hujan, musim produksi garam juga mundur,” ia menegaskan.

Menurut Hari, produksi garam dimulai sejak Juni 2022 lalu. Banyak lahan yang telah disiapkan para petani garam di kawasan pesisir Kabupaten Probolinggo.

Kemudian pada bulan berikutnya, panen garam sudah bisa dilakukan. “Puncak produksi garam terjadi hingga Agustus dan September 2022,” papar dia.

Sementara pada Oktober 2022, produksi sudah mulai merosot. Hasilnya bahkan turun separuh dari bulan sebelumnya lantaran wilayah penghasil garam sudah sering diguyur hujan.

“Efektif puncak produksi hanya dua bulan, tentu hasilnya tidak maksimal untuk mengejar target,” ungkap Hari memungkasi.(*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Hyundai Atos di Gending Terbakar Usai Isi BBM 

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …