Harga Cabai dan Bawang Merah Meroket di Kota Pasuruan, Efek Musim Hujan?

Pasuruan,- Harga cabai dan bawang merah di Kota Pasuruan mulai mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir. Lonjakan harga diduga dipicu banyaknya daerah penghasil kedua komoditas itu yang gagal panen.

Di Pasar Besar, Kota Pasuruan, harga cabai kecil yang sebelumnya hanya Rp35 ribu – Rp45 ribu per kilogramnya, kini berada di kisaran harga Rp60 ribu per kilogramnya.

Sementata cabai besar, harga sebelumnya hanya Rp20 ribu. Saat ini, harga komoditas bumbu dapur itu naik menjadi Rp35 ribu per kilogramnya.

Selain itu, harga bawang merah juga mengalami kenaikan signifikan. Jika sebelumnya hanya Rp30 ribu per kilogram, saat ini harganya Rp40 ribu per kilogram.

“Mulai seminggu yang lalu harga cabai kecil, cabai besar dan bawang merah naik terus,” kata Muslihah, pedagang di Pasar Besar Kota Pasuruan, Senin (9/1/2023).

Sementara itu, Husain, sesama pedagang di Pasar Besar Kota Pasuruan cabai menyebut, kenaikan harga cabai kuat didugga disebabkan oleh cuaca buruk yang terjadi sebulan terakhir.

Akibatnya, para petani banyak yang gagal panen. Praktis, kondisi itu membuat pasokan cabai dari distributor atau tengkulak ke pedagang pasar terbatas sehingga membuat harga jual cabai meroket.

“Naiknya ini karena hujan, cuaca buruk sehingga para petani cabai banyak yang gagal panen,” ujar Husain. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Omzet Penjual Masker di Pinggir Jalan Merosot Tajam

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …