Perbaikan Tiang di Alun-alun Telan Anggaran Ratusan Juta

Kraksaan – Menghabiskan dana ratusan juta, perbaikan tiang bendera dan tiang penyangga videotron di Alun-alun Kota Kraksaan kini sudah rampung dikerjakan. Sebelumnya, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Probolinggo sudah melakukan perbaikan pada dua tiang tersebut sejak November lalu.

“Anggarannya dari PAK (Perubahan Anggaran Keuangan, Red.) 2022, besarannya mencapai Rp166 juta,” kata Kepala Dinas Perkimtan Oemar Sjarif, Selasa (27/12/2022).

Ia menyebut, perbaikan itu dilakukan lantaran kondisi tiang yang sudah mengalami keretakan. Sehingga, ramainya warga yang berkunjung ke alun-alun dapat merasa aman ketika berada di dekat tiang tersebut.

Selain itu, perbaikan tersebut juga berdasarkan usulan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya. Perbaikan tiang bendera juga berdasarkan usulan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat selaku pengelola taman. Sedangkan perbaikan tiang penyangga videotron berdasarkan usulan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo) setempat.

“Biar tidak membahayakan pengunjung taman. Karena memang sudah ada bagian-bagian yang retak,” katanya.

Saat ini, meski pengerjaan konstruksi sudah selesai dilaksanakan, pihaknya masih memasang garis di sekitar tiang agar warga tak terlalu mendekati tiang. Pasalnya, lantai tiang tersebut masih memerlukan pengeringan yang maksimal.

Selain itu, ia juga berharap warga dapat menjaga bersama fasilitas publik tersebut. Terlebih tiang bendera yang diperbaiki itu biasa digunakan dalam momen-momen besar kebangsaan untuk menggelar upacara bendera.

“Mari jaga bersama, jangan corat-coret dan yang lainnya. Kalaupun ada kerusakan kembali, silakan informasikan, karena itu masih menjadi tanggungan kontraktor sampai enam bulan ke depan,” paparnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Kukuhkan 1.128 Pejabat, Wali Kota Rukmini Pamitan

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …