Jembatan Gesang Lumajang Kini Bisa Dilewati, Habiskan Anggaran Rp7 M

Lumajang,- Jembatan penghubung Desa Gesang, Kecamatan Tempeh dengan Desa Sememu, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, putus karena diterjang banjir pada 27 Februari 2021 lalu.

Jembatan ini ambrol karena tidak mampu menahan luapan aliran sungai yang membawa pasir serta batu kerikil dari Gunung Semeru.

Pasca kejadian itu, jembatan sama sekali tak bisa dilewati. Jika ada warga yang ingin pergi ke desa lain terpaksa harus memutar arah.

Beberapa bulan setelah jembatan putus, sebenarnya warga sempat membangun jembatan darurat di sebelah barat jembatan yang rusak. Mereka swadaya membangun kembali jembatan dari bambu yang disusun memanjang.

Akses ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, namun minimal warga bisa melakukan aktivitas kembali. Hampir 2 tahun tidak bisa dilalui maksimal, kini jembatan penghubung antar kecamatan itu sudah rampung dikerjakan.

Jembatan Gesang memiliki volume mencapai 30,8 meter dan memiliki lebar sekitar 9 meter. Jembatan dibangun dengan menelan anggaran sebesar Rp 7,03 miliar.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, jembatan itu nantinya bisa memberikan banyak manfaat. Ia meminta warga untuk menjaga dan merawat dengan baik.

“Saya berharap kepada masyarakat agar menjaga dan merawat jembatan yang sudah selesai dibangun ini, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan jembatan ini dengan waktu yang lama,” kata Thoriqul Haq saat meresmikan Jembatan Gesang, Rabu (27/12/22).

Cak Thoriq, sapaan akrabnya, berharap dengan selesainya pembangunan jembatan tersebut, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan akses masyarakat di dua desa bisa lebih mudah.

“Kemudian terkait dengan penerangan jalan desa, akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan agar nantinya masyarakat yang melewati jembatan merasa aman dan nyaman,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gesang, Khusnul Rozika mengaku amat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang yang sudah mengalokasikan dana untuk pembangunan jembatan di Desa Gesang.

Baca Juga  Top! Pemkab Lumajang Borong 2 Penghargaan dalam Ajang BKN Award 2023

“Masyarakat sangat senang dengan selesainya pembangunan jembatan ini, karena sangat bermanfaat untuk akses masyarakat, sebagai penunjang perekonomian dan pendidikan,” ucap dia.

Untuk diketahui, peresmian Jembatan Gesang ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Ratusan warga hadir dalam peresmian jembatan. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …