Lagi, Puluhan KK di Zona Merah Erupsi Semeru Direlokasi

Lumajang,- Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Patria Dwi Hastiadi, menyerahkan kunci hunian relokasi kepada 48 kepala keluarga (KK) di Kawasan Bumi Semeru Damai, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro.

Kali ini, pembagian hunian diprioritaskan kepada warga yang rumahnya berada di zona merah rawan bencana erupsi Gunung Semeru. Hal itu dilakukan supaya masyarakat yang ada di zona itu segera menempati tempat yang lebih aman.

“Warga khususnya di daerah zona merah sesuai peta KRB yang dikeluarkan oleh PVMBG akan didahulukan untuk menempati Huntap dan Huntara dan merupakan prioritas dari Pemerintah Kabupaten Lumajang,” kata Patria, Rabu (27/12/22).

Patria juga mengimbau masyarakat untuk tidak memecah KK terlebih dahulu, lantaran prioritas hunian relokasi bisa diberikan kepada masyarakat yang benar-benar terdampak.

“Untuk saat ini warga yang sudah mendapatkan hunian tetap dan hunian sementara harap bersabar dan jangan mecah KK lebih dulu, agar warga yang belum mendapatkan bisa sama-sama mendapatkan,” jelasnya.

Saat ini relokasi sudah mencapai tahap IX, total hunian relokasi yang sudah diberikan sebanyak 9 tahap. Tahap I 130 KK, Tahap II 202 KK, Tahap III 113 KK, Tahap IV 198 KK, Tahap V 264 KK, Tahap VI 144 KK, Tahap VII 120 KK, Tahap VIII 173 KK dan Tahap IX 48 KK.

Saat kegiatan tersebut, lanjut Patria, kunci yang diberikan berdasarkan data dari Dinas Kependidukan dan Catatan Sipil Kabupaten (Dispendukcapil) Lumajang dan sudah diverifikasi oleh tim lapangan.

“Data KTP penerima Huntap disesuaikan dengan data Dispendukcapil kemudian disesuaikan dengan data di lapangan. Apabila sudah sesuai maka yang berhak menerima Huntap Huntara akan diberikan kuncinya,” imbuh dia. (*)

Baca Juga  Intensitas Hujan Tinggi, Warga Lereng Semeru Waspadai Lahar dan Guguran Awan Panas

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …