Foto Wabup Digunakan Tipu-tipu, Kadiskominfo Sebut Nama Pejabat Sering Dicatut

Kraksaan – Sebuah akun WhatsApp (WA) yang mengatasnamakan Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko kembali muncul. Diduga, akun tersebut digunakan untuk melakukan penipuan.

Halimatus Sya’diyah warga Desa Kaliacar, Kecamatan Gading mengungkapkan, suaminya yang bernama Syamsul Arifin mendapatkan pesan WA dari nomor 081775707273 yang mengatasnamakan Wabup Timbul. Akun tersebut memberikan kabar bahwa masjid yang berada di dekat rumahnya akan mendapatkan dana hibah dari pemerintah.

“Sadar kalau itu akun palsu, tapi tetap diladeni sama suami saya. Hanya untuk mengetahui akal-akalannya sampai mana,” katanya, Senin (26/12/2022).

Kecurigaannya kepada akun tersebut sudah ia rasakan sejak akun tersebut memperkenalkan diri. Sebab, ia meyakini Wabup Timbul tidak akan secara langsung menghubungi para penerima hibah tanpa adanya perantara Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Pada akhirnya gagal nipu, karena ditanya oleh suami, kenapa menghubungi langsung, ajudannya ke mana,” paparnya.

Adanya akun WA abal-abal tersebut pun dibenarkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Cristian. Ia pun mengimbau agar warga tidak mudah percaya terhadap segala bentuk iming-iming bantuan dari media sosial.

“Hoax itu, jangan mudah percaya sama nomor yang tidak jelas. Itu bukan nomor Wabup,” katanya.

Yulius melanjutkan, percobaan penipuan dengan menggunakan akun WA yang mengatasnamakan Wabup Timbul memang sering terjadi. Tak hanya itu, nama para pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Probolinggo memang sering digunakan oleh sejumlah oknum untuk melakukan penipuan.

“Penipuan atas nama pejabat ini sering banget. Sekarang kan ganti foto profil WA gampang. Makanya kalau ada seperti itu, verifikasi dulu, bisa langsung ke OPD yang beraangkutan. Seperti masjid itu bisa ke Kesra (Kesejahteraan masyarakat, Red.),” katanya.(*) 

Baca Juga  Lansia di Gempol Jadi Korban Tabrak Lari, begini Kronologinya

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …