Karutan Kraksaan Dimutasi

Kraksaan – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan kini memiliki kepala baru, yakni Alzuarman (50). Ia menggantikan posisi Bambang Irawan yang dimutasi ke Kasubdit Pengelolaan Barang Sitaan (Basan) Barang Rampasan (Baran) dan Keamanan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Timur. Posisi ini sebelumnya dijabat oleh Alzuarman.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Rutan (Karutan) IIB Kraksaan, Alzuarman pernah menduduki sejumlah posisi lainnya. Ia pernah menjadi Plt Karutan Ngawi Juli – November 2022.

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Pekanbaru dan Rupbasan Mojoagung-Jombang.

“Saya di sini belum seminggu, per tanggal 21 Desember kemarin saya diangkat di sini,” katanya, (26/12/2022).

Kini, pria kelahiran 17 September 1972 asal Solok, Sumatera Barat ini harus menjaga Rutan berkapasitas 304 orang yang berada di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan tersebut. Tantangannya, Rutan tersebut kini dihuni oleh 426 warga binaan.

Dengan banyaknya warga binaan yang kini dijaganya, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) untuk melakukan pendataan. Hal ini dilakukan demi tetam menjaga kondisi rutan tetap aman dan kondusif.

“Semacam assesment, jadi warga binaan yang berpotensi menimbulkan bahaya, kami pindahkan ke rutan lain,” paparnya.

Alzuarman juga menyebut, selain melakukan assesment terhadap warga binaan, ia juga mewanti-wanti kepada petugas Rutan untuk terus bekerja sesuai Standard Operating Procedure (SOP). Pasalnya, ia tak segan untuk memberikan sanksi terhadap segala bentuk pelanggaran.

“Tidak boleh arogan, harus humanis. Laksanakan tugas dengan tanggung jawab. Maka insya Allah semuanya akan baik-baik saja,” katanya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Wow, Retribusi Parkir Hampir Rp5 Miliar

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …