Harap Hujan, Warga Sumber Wetan Shalat Istiqo’

PROBOLINGGO-PANTURA.com, Hampir beberapa kota di Jawa Timur mulai dilanda musim hujan. Namun, berbeda di Kota Probolinggo yang belum turun hujan.

Hal ini membuat warga resah. Sehingga membuat segala cara diupayakan, salah satunya dilakukan warga RT 02 RW 02 Kelurahan Sumber Wetan dengan menggelar shalat Istiqo’ di Sumber Mata Air Sumber Wetan, Jumat (27/12) pagi.

Shalat Istiqo’ dilaksanakan untuk meminta hujan oleh puluhan warga di area sumber mata air yang kering. Dengan shalat istiqo’, diyakini bakal bisa membuat hujan turun.

“Kami berharap hujan segera turun di wilayah kami ini,” kata warga setempat Sumardi. Ia berharap turun hujan sebab berdampak pada air disawah. Padahal saat ini saatnya menanam padi, namun karena tak kunjung turun hujan membuat mereka takut menanam.

Akhirnya, lahan pertanian warga terpaksa dibiarkan sambil menunggu musim hujan. “Sebelumnya kami menanam jagung, kalau sekarang ditanami jagung lagi takut ga nututi keburu hujan,” tambahnya.

Bahkan pada pagi itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin hadir memenuhi undangan masyarakat. Pada kesempatan itu ia menyampaikan beberapa hal terkait kebijakan dan program yang sudah dilaksanakan di satu tahun pemerintahannya. Ia juga mengundang warga ke rumah dinas jika ada informasi untuk berdoa bersama.

“Semoga apa yang kita harapkan, doa kita diijabah Allah dengan turunnya hujan,” ucapnya pada masyarakat. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  12 Desa Didominasi Wajah Baru, Bupati Kawal APBDes

Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …