ATM BNI di Leces Dibobol Pencuri

Probolinggo – Sebuah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Jalan Raya Leces, Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces dibobol pencuri. Aksi pelaku sempat terekam Closed Camera Tegision (CCTV).

Melalui rilisnya, pihak Bank BNI mengungkapkan, bahwa telah terjadi tindak perusakan atau vandalisme terhadap mesin ATM BNI di Jalan Raya Leces pada Sabtu (3/12/2022). Dan atas kejadian tersebut, pihak BNI telah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengungkap kasus perusakan ini.

Atas kejadian tersebut, pihak Bank BNI mengimbau kepada nasabah untuk selalu mengecek kondisi ATM sebelum transaksi. Hal itu untuk ntuk menghindari tindakan yang tidak bertanggung jawab. Selain itu para nasabah dapat mengoptimalkan chanel digital lain yang aman dan nyaman, termasuk BNI Mobil Banking.

Sebelumnya, pada Sabtu pagi (3/12/2022), Ahmad Marzuki (50), pemilik konter yang lokasinya pas di sebelah mesin ATM, pada Sabtu pagi pukul 07.00, saat membuka konternya, melihat mesin ATM, di mana gembok mesin atm telah hilang, serta kondisi ATM sempat terbuka.

“Melihat kondisi ini saya tidak berani memegang mesin ATM, kemudian kondisi mesin ATM saya foto dan saya kirimkan ke petugas ATM-nya,” ujar Marzuki, Selasa (6/12/2022).

Tal lama kemudian, petugas ATM datang beserta beberapa petugas pengamanan bank, yang kemudian melakukan pengecekan. Dari pengecekan tersebut diketahui bahwa ATM tersebut telah dibobol. Sebanyak tiga rak berisi uang tunai Rp380 juta dengan pecahan 100 ribu telah raib dicuri.

Selain itu, dari pengecekan CCTV, diketahui bahwa ATM tersebut dibobol. Pelaku melakukan aksi pembobolan pukul 04.50, di mana pelaku masuk ke ATM dan langsung menyemprotkan cairan ke kamera CCTV sehingga CCTV menjadi gelap.

“Merunut petugas, cairan yang disemprotkan ini seperti oli, dan sebelum disemprot, pelaku terlihat berjumlah satu orang,” imbuh Marzuki.

Baca Juga  Asyik Pesta Sabu, Digerebek Polisi

Marzuki sendiri yang memiliki konter yang lokasinya bersebelahan dengan mesin ATM sering dimintai tolong untuk merestart mesin ATM oleh petugas ATM di kala ATM tersebut troubel. Yakni dengan cara mematikan saluran listrik dan menghidupkannya kembali.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Leces, AKP Rini Ifo Nila Krisna membenarkan, kekadian tersebut. Pihak bank telah melaporkan kejadian tersebut ke Polres Probolinggo dan kasus ini kini di tangani Satreskrim Polres Probolinggo.

“Pihak bank sudah melaporkan kejadian ini langsung ke Polres Probolinggo dan kasus pembobolan ATM ini saat ini ditangani Satreskrim Polres Probolinggo,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Terdakwa Santri Bakar Juniornya di Pasuruan Divonis 5 Tahun Penjara

Pasuruan,- Terdakwa kasus santri bakar juniornya di salah satu pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pasuruan …