Pasca Sidak Bupati, Pupuk Subsidi di Lumajang Masih langka

Lumajang,- Kabar kelangkaan pupuk bersubsidi membuat Bupati Lumajang turun tangan. Beserta jajarannya forkopimda, Bupati pun sidak di kios pupuk Lancar Jaya di Kelurahan Jogoyudan, Kecamatan Lumajang dan wilayah lainnya, Selasa (29/11/22).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq, mengatakan, pemerintah memberikan pupuk bersubsidi kepada para petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional.

Sistem distribusiannya, papar Cak Thoriql, petani harus terdaftar dan memiliki kartu tani yang terintegrasi dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Jadi, demi kelancaran distribusi pupuk bersubsidi, para distributor dan kios harus sesuai dengan prinsip 6T, yakni tepat jenis, tepat jumlah, harga, tempat, waktu, dan mutu,” terang dia.

Adapun jenis pupuk bersubsidi diperuntukan bagi sembilan komoditas pangan pokok dan strategis diantaranya, komoditas padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu rakyat, kopi, dan kakao.

“Stok pupuk aman selama periode tanam Oktober 2022 hingga Maret 2023. Dari penuturan penjaga gudang diterangkan bahwa stok gudang hingga 29 November 2022 tercatat 250 ton pupuk subsidi di gudang dan siap didistribusikan,” urainya.

Sidak dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok dan pupuk tidak disalahgunakan oleh kios pupuk. Namun, nyatanya stok pupuk di Lumajang pasca disidak masih terbilang langka.

Petani asal Desa Sumberejo, Kecamatan Sukodono, Edi mengkritisi klaim pemerintah Kabupaten Lumajang, yang menyebut pupuk tidak langka dan masih cukup terjangkau oleh petani.

“Kalau omong enak, di lapangan bisa dilihat seperti apa kenyataannya. Kalau surveinya ke kios jelas kebanyakan tepat guna dan stok aman dan tidak ada pencampuran,” kecam Edi, Kamis (1/12/2022).

Semenjak adanya peraturan baru, kata Edi, pupuk di Kabupaten Lumajang justru tambah amburadul. Bahkan, ia mencurangi ada kongkalikong dalam fenomena kelangkaan pupuk ini.

Baca Juga  Angka Stunting di Lumajang Turun, Kini Hanya 23,8 Persen

Mirisnya, yang menjadi korban dalam kelangkaan pupuk, justru kelompok tani. “Tetap masyarakat tani yang jadi korban. Sejak dulu masyarakat sudah kecewa, cuma tidak memperdulikannya,” urainya.

Apalagi, Lanjut Edi, apabila stok pupuk di kios mulai kehabisan, maka distribusi pupuk bersubsidi akan kian sulit. Kondisi ini tentu amat merugikan petani.

“Kalau dengan alasan karena penimbunan pupuk oleh oknum kios, ya kiosnya itu sidak. Jangan petani yang dijadikan korbannya. Apa selama ini makan pasir sama batu? Petani adalah akar dari ketahanan pangan bangsa dan negara,” ujarnya.

“Sebenarnya, petani di Lumajang itu tidak rewel. Pupuk lancar dan harganya stabil, selesai sudah,” imbuhnya.(*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …