Akibat Hujan, Tengkulak Ajukan Penawaran Ulang Harga Tembakau

Probolinggo – Musim hujan sangat berpengaruh terhadap proses pengeringan tembakau milik para petani di Kabupaten Probolinggo. Bahkan, gara-gara hujan, para tengkulak mengajukan penawaran ulang terhadap harga tembakau yang sebelumnya telah disepakati.

Hal itu dialami Sadrawi, petani tembakau di Dusun Kaliurang, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo. Ia mengaku, harus menjemur kembali 3 kuintal tembakaunya pada Jumat (7/10/2022).

“Sebab proses penjemuran yang saya lakukan sehari sebelumnya tidak maksimal lantaran terjadi hujan lebat,” ujarnya ketika ditemui di lokasi penjemuran tembakau rajangannya, Jumat.

Ia menceritakan, Kamis (6/10/2022) kemarin, ia mengaku, optimistis tembakau yang sudah dirajangnya kemudian dijemur itu harganya lumayan tinggi. Namun, sekitar pukul 11.00 WIB, langit tiba-tiba mendung yang disusul hujan lebat. “Hujannya hampir maghrib itu baru reda,” katanya.

Padahal menurutnya, tembakau yang dirajangnya itu sudah ditawar Rp55 ribu sebelum hujan turun. Setelah diguyur hujan, Sadrawi meyakini harga tembakaunya akan anjlok.

“Tidak tahu nanti akan ditawar berapa, yang jelas turun harganya, sudah rusak begini warnanya,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Imam Wahyudi, tengkulak tembakau dari desa setempat. Ia mengatakan, dirinya terpaksa harus melakukan rembuk ulang dengan Sadrawi terkait harga yang sudah disepakati sebelumnya.

Sebab dengan kualitas yang sudah menurun akibat hujan, tentu gudang tempatnya memasok harga juga akan mematok harga lebih rendah. “Nanti saya rembuk ulang, kalau tidak dikurangi harganya bisa rugi saya,” paparnya.

Selain dari Sadrawi, Imam juga mengaku, ada sekitar 20 petani lainnya yang sudah menjalin kesepakatan dengannya sebelum hujan turun, Kamis (6/10/2022) siang. Namun, ia berjanji tak akan mematok harga jauh terlalu rendah dari harga awal.

“Nanti malam akan saya datangi satu per satu. Kalau yang rajangan halus, mungkin masih bisa ngangkat Rp40 ribu,” katanya. (*)

Baca Juga  Tiga Bacakades Wadul Dewan, Tahapan Pilkades di 3 Desa Terancam Ditunda

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …