Dapat Hibah, Kota Probolinggo Kini Miliki 6 Unit Mobil Damkar

Probolinggo,- Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Probolinggo mendapat tambahan armada, setelah Damkar DKI Jakarta menghibahkan 1 unit truk damkar miliknya.

Kepala Dinas Satpol PP, Linmas, dan Damkar Kota Probolinggo, Aman Suryaman mengatakan, satu unit truk damkar hibah dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta didapat melalui pengajuan permintaan hibah pada Oktober 2021 lalu.

Pengajuan hibah itu kemudian disetujui dan diserahkan pada tanggal 5 Oktober 2022. Dalam waktu dekat, mobil damkar ini sudah bisa dioperasikan jika ada laporan kebakaran.

“Pengajuan hibah ini sudah 1 tahun yang lalu. Setelah melalui tahapan seleksi dengan puluhan kota dan kabupaten se-Indonesia, alhamdulillah pada tanggal 5 Oktober 2022 kemarin Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan menyerahkan langsung ke Wali Kota Probolinggo,” ujar Aman, Jum’at (7/10/22).

Mobil Damkar ini, menurut Aman, berkapsitas 4000 liter. Meski bekas pakai, namun setelah dicek, kondisi truk damkar masih cukup bagus dan layak pakai.

Tak hanya untuk Kota Probolinggo, Damkar DKI Jakarta juga mengibahkan total 15 unit truk Damkar ke 14 kota dan kabupaten lain di Indonesia.

“Secara simbolis, truk Damkar ini sudah dihibahkan, namun secara administrasi saat ini masih dalam proses. Dalam waktu satu hingga dua minggu truk damkar ini sudah ada di Kota Probolinggo. Namun sebelum kita bawa, kita akan lakukan pengecekan dulu,” ujarnya.

Dengan tambahan hibah 1 unit truk damkar ini, total Damkar Kota Probolinggo sudah memiliki 6 unit truk damkar. Kapasitasnya bervariasi, dari 2 ribu liter, 3 ribu liter, 4 ribu liter, 5 ribu liter hingga 10 ribu liter.

“Meski sudah memiliki 6 unit, namun semakin banyak unit, maka semakin cepat pelayanan yang kita berikan ketika nanti terjadi kebakaran di wilayah Kota Probolinggo,” imbuh mantan Kepala Dinas Kominfo Kota Probolinggo ini. (*)

Baca Juga  Komisi III DPRD Kab. Pasuruan Hentikan Proyek SPAM di Rejoso

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …