Awal Ramadhan, Harga Daging Ayam Broiler Anjlok

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Hingga hari ketiga Bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok (sembako) di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo masih stabil. Jumlah permintaan juga masih belum mengalami peningkatan signifikan.

Salah satu komoditas yang paling diburu warga selama ramadhan adalah daging sapi. Harga lauk ini sejak sepekan terakhir masih stabil, yakni antara Rp90-95 ribu per kilogram untuk kualitas biasa, dan Rp100 ribu per kilogram jenis daging super.

“Harganya masih tetap meskipun sudah masuk bulan puasa. Tidak naik dan tidak juga turun,” kata Sutopo, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Minggu (26/4/2020).

Sutopo menjelaskan, kenaikan daging sapi pada awal Bulan Ramadhan biasa jarang terjadi. Akan tetapi, menurutnya, harga daging sapi naik drastis jika sudah mendekati hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

“Kalau ramadhan jarang harga daging sapi naik. Beda lagi jika sudah menjelang hari raya, sudah pasti naik. Jika ramadhan peminatnya tidak seperti saat hari raya,” tuturnya.

Berbanding terbalik dengan harga daging sapi, harga jual daging ayam broiler ditingkat pedagang justru anjlok. Hal ini disampaikan Moh. Aldo, salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Semampir Kraksaan.

“Turun kalau sekarang meskipun masuk puasa. Saat ini harganya Rp28 ribu per kilogram, biasanya diatas Rp30 ribu per kilogramnya,” tutur Aldo.

Penyebab turunnya harga daging ayam, sambung Aldo, tak lepas dari pandemi Covid-19 yang juga mewabah di Kabupaten Probolinggo. “Turunnya harga daging ayam ini merupakan yang pertama kali terjadi sepanjang tahun 2020,” (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  KM Cahaya Bahari Jaya Diduga Karam

Baca Juga

Tak Lagi Berjam-jam, Bayar Pajak di Samsat Bangil Kini Hanya 10 Menit

Pasuruan,- Kantor Samsat Bangil, Kabupaten Pasuruan menghadirkan inovasi baru bernama Smart Thru untuk mempermudah dan …