Petani Probolinggo Mengeluh, Harga Tomat Hanya Rp900/Kg

Krejengan,- Sejumlah petani tomat di Kabupaten Probolinggo Kelimpungan. Pasalnya, harga komoditas sayuran pelengkap sambal itu anjlok siginifikan.

Seperti yang disampaikan Hadi (40), petani tomat asal Dusun Sumber Banger, Desa Opo-opo, Kecamatan Krejengan. Menurutnya, tomat hasil panen miliknya saat ini hanya ditawar Rp900 per kilogram (Kg) oleh tengkulak.

“Ya hanya ditawar segitu (Rp900/Kg) sama tengkulaknya. Memang turun jauh sekali dibandingkan dengan harga sebelumnya. Sebelum Agustusan itu, tomat masih seharga Rp2500 sampai Rp3000 per kilogram,” terang Hadi, Jum’at (19/8/22).

Sementara itu, pedagang tomat di Pasar tradisional Semampir Kraksaan, Sohib (26) menyebut, harga tomat di pasaran saat ini hanya Rp1000/Kg. Ia mengakui bahwa harga itu jauh dibawah kisaran harga bulan lalu.

“Tomat harganya Rp1000 per kilogramnya, itu mentok sudah tidak bisa dinaikkan lagi. Kemarin saya coba jual dengan harga Rp 1300 per kilogram, tetapi tidak laku,” katanya.

Dengan harga jual Rp1000 per kilogram, imbuhnya, Sohib mengaku hanya mengambil laba tak sampai Rp300 rupiah per kilogram. Herannya, meski murah namun minat pembeli terhadap tomat tidak ada peningkatan.

“Saya ngambil dari petani seharga Rp900 per kilogram. Itu pun saya harus susah payah nawarnya, karena memang harga tomat sangat rendah. Kalau jualnya Rp1000 per kilogram, ya hanya dapat laba Rp100 saja,” curhatnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Endang Rustiningsih menegaskan, harga tomat saat ini memang anjlok.

Harga tomat juga dibarengi harga komoditas dapur yang juga terjun bebas berdasarkan data laporan harga bahan pokok di pasar Semampir Kraksaan.

“Kalau tomat itu (sebenarnya) tidak termasuk komoditi dapur, komoditi dapur sampai saat ini murah,” ucapnya singkat. (*)

Baca Juga  TNI-AL, KKP dan Kementan Kerjasama Genjot Kemandirian Pangan

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …