Sambut Ramadan, Harga Sembako Mulai Melangit

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tak hanya harga bumbu dapur yang naik harganya menjelang bulan puasa. Sejumlah sembako pun, kompak naik harga secara bersamaan.

Data yang diperoleh PANTURA7.com, terdapat 7 komoditas pangan yang harganya mulai melangit. Meliputi telor yang menjadi Rp. 24 ribu dari harga 20 ribu, telor asin Rp. 23 ribu, dari harga awal Rp. 21 ribu.

Sementara harga minyak goreng kini sudah seharga Rp. 12 ribu dari harga Rp. 9 ribu, Gula pasir menjadi Rp. 12 ribu dari harga Rp. 10 ribu,  beras medium Rp. 11 ribu dari harga Rp 10 ribu, kecap Rp. 23 ribu dari harga Rp. 20 ribu dan tepung terigu Rp. 9 ribu dari harga Rp. 7 ribu.

Kenaikan harga sembako ini menurut Mahfud (39) salah satu pedagang sembako di Pasar Semampir, Kecamatan Semampir, Kabupaten Probolinggo, memang menjadi tren ketika mendekati bulan suci Ramadhan.

“Setiap bulan memang biasanya ada harga di pasar yang turun dan naik, tapi ketika menjelang puasa mulai dari bumbu-bumbu dapur, sayur-sayuran dan sembako itu naik semua,” kata Mahfud, Sabtu (4/5/2019).

Naiknya harga sembako, lanjut pria yang tokonya pernah disatroni maling pada tahun 2018 silam ini, tidak seberapa jika dibandingkan dengan naiknya harga bawang putih di pasaran, yang kenaikan harganya siginifikan.

“Mentok harga sembako naiknya Rp. 5 ribu. Tapi kalau bawang putih puluhan ribu naiknya. Sekarang harga bawang putih ada yang Rp. 60 ribu hingga Rp. 70 ribu per kilogramnya,” tutur pria asal Kelurahan Semampir ini.

Berkaitan kenaikan harga serentak di pasaran, Diana (35) salah satu pembeli saat ditemui di Pasar Semampir hanya bisa pasrah. Bagaimanapun, ia harus tetap membeli meski sembako dan bawang putih kompak naik harga.

Baca Juga  Kado Kemerdekaan, KA Pandalungan dan Blambangan Ekspres Kini Berhenti di Stasiun Klakah Lumajang

“Pendapatan suami bisa-bisa tidak cukup kalau semuanya naik. Belum lagi untuk bulan puasa yang bisa dua kali lipat anggaran belanjanya. Semuanya naik, yang beli kesusahan,” keluh Diana. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …