Forkopimda dan Warga Gelar Detik-detik Proklamasi di Bundaran Glaser

Probolinggo – Selain menggelar Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Forkopimda Kota Probolinggo juga mengenang detik-detik Proklamasi di Bundaran Gladak Serang (Glaser), Rabu (17/8/2022). Kegiatan ini juga diikuti para pengguna jalan yang diminta berhenti sejenak.

Sebelumnya, petugas gabungan memberhentikan para pengendara yang melintasi kawasan Glaser. Tak hanya itu, kegiatan itu juga disemarakkkan dengan 77 bendera yang dibawa 77 anggota Pramuka berdiri mengelilingi Glaser.

Barulah sekitar pukul 09.40, detik-detik Proklamasi ini digelar. Semua aktivitas berhenti selama lima menit untuk mengenang momen Proklamasi, dilanjutkan dengan penghormatan Bendera Merah Putih yang dibawa para anggota Pramuka.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, detik – detik Proklamasi yang digelar bersama warga di bundaran Glaser ini merupakan momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI, untuk mengenang jasa para pahlawan.

“Antusiasme masyarakat yang ikut dalam detik-detik kemerdekaan ini sangat luar biasa, tak hanya berhenti, namun juga hormat kepada Bendera Merah Putih. Hal ini merupakan bentuk mengenang jasa pahlawan,” ujarnya.

Rasa bangga tak hanya dirasakan Forkopimda Kota Probolinggo dan masyarakat yang ikut detik-detik Proklamasi di bundaran Glaser. Namun juga bagi anggota Pramuka yang memegang Bendera Merah Putih.

Salah satunya, Aura Dwi Safa, siswa SMKN 1 Kota Probolinggo. Ia mengaku, bangga karena terpilih sebagai pemegang bendera saat detik-detik Proklamasi. Selain itu, terpilih sebagai pemegang bendera tidak mudah, karena harus melalui seleksi.

“Selain bangga, namun menjadi pemegang bendera juga senang, meski hanya memegang bendera, namun yang terpilih harus mengikuti proses latihan selama tiga kali,” ujarnya. (Adv) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Jadi Tersangka Kasus Perceraian, Kades Temenggungan Ajukan Pra-peradilan

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …