Tumbuh Tinggi, Mayoritas UKM Kota Probolinggo Tak Berizin

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Perkembangan usaha kecil menengah (UKM) di Kota Probolinggo meningkat.  Tumbuh 500 UKM tiap tahunnya, namun banyak yang kesulitan mengurus periznan.

Hal ini disampaikan Ketua Asosiasi Makanan Minuman Jawa Timur (AMJ) Korda Probolinggo, Erlinus Slova Iliyus Inada. Ia menyebut, tiap tahun UKM di Kota Probolinggo bisa tumbuh 500 UKM.

“Perkembangan UKM di Kota Probolinggo begitu signifikan. Tiap tahun bisa muncul 500 UKM dari berbagai jenis. Namun dari ratusan itu yang memiliki izin sangat sedikit,” jelasnya.

Izin dimaksud menyangkut Produk Industri Rumah Tangga (PIRT). Izin ini lebih banyak digunakan pada UKM jenis makanan dan minuman. Padahal izinnya sangat mudah, dimana dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan.

“Kami berharap dengan pesatnya pertumbuhan UKM di Kota Probolinggo, menjadi perhatian Pemkot Probolinggo. Paling tidak difasilitasi baik dari izinnya maupun pemasarannya,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Hadi Zainal Abidin merespons baik berkembangnya UKM di Kota Probolinggo. Perlahan namun pasti, UKM tersebut akan difasilitasi.

“Yang jelas kami tindak lanjuti. Saya paham potensi itu besar tentunya nanti akan kami koordinasi guna memfasilitasi baik dari sisi perizinan PIRT khususnya termasuk pemasaran,”jelasnya.

Pihaknya meminta masyarakat khususnya pelaku UKM untuk bersabar. Sebab proses terus berjalan dengan harapan baik perijinan dan pemasaran bisa lebih maksimal. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Gunakan 17 Bus, 786 CJH Kab. Probolinggo Berangkat ke Tanah Suci

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …