Miris! Empat Gedung SD Negeri di Kab. Probolinggo Tak Layak Pakai

Kraksaan,- Empat gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Probolinggo, dinyatakan tidak layak pakai. Kondisi itu diketahui berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat.

Empat SD Negeri itu meliput SDN II Kedungcaluk, Kecamatan Krejengan; SDN Klaseman, Kecamatan Gending; SDN Tiris I, Kecamatan Tiris; dan SDN Gunggungan Kidul II, Kecamatan Pakuniran.

Kepala Disdikbud Kabupaten Probolinggo Fathurrozi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengupayakan perbaikan gedung di empat sekolah tersebut. Sebagian, bahkan sudah mulai dikerjakan.

“Ya sudah ada yang mulai dikerjakan. Surat kerjanya sudah diterima. Penandatanganan kontrak kerjanya sudah dilakukan sejak 21 Juli lalu,” kata Rozi, Senin (8/8/22).

Rozi mengakui bahwa empat gedung SDN tersebut direhabilitasi karena memang sudah tidak layak pakai. Perbaikan itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022, yang besarannya mencapai Rp4,1 M.

“Jadi sebagian sudah dilakukan perbaikan, dan ada juga dalam proses pengiriman bahan perbaikan,” terang pejabat yang juga Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) ini.

Rozi menambahkan, sejatinya ada masih ada tiga gedung SDN yang akan direhabilitas pada tahun 2022 ini. Yakni SDN Plaosan III, Kecamatan Krucil; SDN Besuk I, Kecamatan Bantaran; dan SDN Tukul III, Kecamatan Sumber.

Proses perbaikan ketiga gedung sekolah ini, menurut Rozi, rencananya akan menggunakan Dana Anggaran Umum (DAU) dengan kisaran sebesar Rp1,5 miliar.

“Yang menggunakan DAK ini, targetnya rampung pada November (2022). Untuk yang (menggunakan) DAU ini masih belum, masih proses,” pungkas dia. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga  TNI/Polri Tanamkan Jiwa Nasionalisme Melalui Lomba Mewarnai

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …