Bikin Resah! Manusia Silver Bertebaran di Lumajang

Lumajang,- Keberadaan manusia silver yang mengemis di sejumlah perempatan jalan di Kabupaten Lumajang, membuat Satpol PP Lumajang turun tangan. Razia pun dilakukan untuk menertibkan para manusia silver.

Dalam razia yang digelar Rabu (3/8/22), petugas menyasar tiga titik tempat berkumpulnya manusia silver. Yakni perempatan Jalan Swandak, perempatan Toga, dan perempatan Klojen.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lumajang, Mattali Bilogo mengatakan, keberadaan manusia silver ini sudah ada sejak pandemi Covid-19, tahun lalu.

“Namun hingga kini keberadaan manusia silver masih banyak berkeliaran di jalan-jalan protokol, khususnya di persimpangan jalan yang ada lampu merahnya,” kata Mattali, Kamis (4/8/22).

Bahkan, lanjut Mattali, setiap melakukan razia dengan sasaran manusia silver, pihaknya sering kewalahan. Sebab, pasca dirazia masih banyak manusia silver yang ngamen di perempatan lampu merah.

“Selama dua bulan melakukan patroli pengamanan manusia silver, kami sudah mengamankan 50 orang untuk dilakukan pembinaan, namun hal itu sepertinya sia-sia saja,” jelas Mattali.

Menurut Mattali, 50 manusia silver yang sudah diamankan, rata-rata warga merupakan warga Kabupaten Lumajang yang masih berada dalam usia produktif untuk bekerja.

Dengan usia muda dan fisik yang masih bugar, imbuh Mattali, seharusnya mereka mencari lowongan pekerjaan (loker), baik dari media soasial maupun dari kerabat maupun teman sebayanya.

“Sangat disayangkan, kemarin kita baru tangkap enam orang, kita tanyai kenapa jadi manusia silver, ternyata karena masalah ekonomi. Kebetulan ada pabrik kayu yang membutuhkan tenaga kerja, jadi saya tawarkan ternyata mereka mau,” terangnya.

Mattali berharap, manusia silver ini menjadi manusia yang produktif sehingga tidak menggangu ketertiban umum. “Mereka ini harusnya juga dibina agar lebih produktif dengan diberi keterampilan atau modal usaha,” pungkas dia. (*)

Baca Juga  Lagi, Warga Dihipnotis Sales Terjadi di Tiris

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Tatap Pelantikan, Sarbumusi Kab. Probolinggo Audiensi dengan Wakil Bupati

Probolinggo,- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Kabupaten Probolinggo mendatangi pendopo Bupati …