Infrastruktur Jalan di Kab. Probolinggo Mudah Rusak, Apa Penyebabnya?

Kraksaan,- Kerusakan jalan kerap terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo. Selain faktor cuaca, banyaknya kendaraan dengan tonase berlebihan yang sering lalu-lalang dinilai menjadi penyebabnya.

Afif (25) warga Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo mengeluhkan infrastruktur jalan di wilayahnya. Sebab jalur Kraksaan-Gading yang biasa ia lalui cepat rusak dan ambles.

Menurutnya, banyaknya kendaraan besar seperti truk fuso yang kerap melintas di jalan raya setempat, menyebabkan jalan mudah rusak. Selain itu, tentu kualitas jalan.

“Saya sering liat truk fuso jalan ke selatan jalan ini, kadang ya muat semen kalau yang dari selatan ke utara muat kayu. Ya jadinya jalan sering rusak kan kadang ada yang ambles,” ujarnya Rabu (3/8/22).

Jalur antar kecamatan di wilayah Kecamatan Gading pun setali tiga uang, rusak dan berlubang. Akibatnya, warga tak bisa menikmati infrastruktur jalan sebagaimana yang mereka harapkan.

“Banyak kendaraan besar lewat sini. Ada fuso muat semen, truk besar muat kayu, bahkan ada truk tanki yang mengisi ke pom mini saat malam hari. Ya wajar kalau jalan disini banyak rusak, apalagi ke timur Desa Wangkal hingga ke Sentul, tambah parah rusaknya,” curhat Riki (28) warga Desa Wangkal, Kecamatan Gading.

Ia berharap agar truk diluar tonase jalan agar tidak melintas untuk menghindari kerusakan jalan. Hal itu juga dinilai merugikan pengendara lain karena susah untuk mendahului dan mengakibatkan jalanan macet.

“Ya kan bukan jalannya mas, apa lagi truknya besar yang mau nyalip susah ditambah jalannya rusak gara-gara truk besar itu, kalau seperti kita ini yang rugi mas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo Taufiq Alami mengaku, sejatinya Dishub Kabupaten Probolinggo telah memberikan peringatan terhadap pengendara yang melanggar ketentuan.

Baca Juga  Lama Kosong, Dispendukcapil Akhirnya Punya Pimpinan

“Tadi sudah kami beri peringatan dan tidak hanya tadi itu sudah kami lakukan berulang kali tapi masih saja dilanggar. Padahal sudah kami lakukan sosialisasi berulang kali, penindakan juga sudah kami lakukan,” klaimnya. (*) 

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga

Pupuk Subsidi Dibatasi, Gus Haris Sarankan Petani Manfaatkan Pupuk Organik

Kraksaan,- Beberapa bulan terakhir, para petani di Kabupaten Probolinggo kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Pupuk jenis …