Pemkab Probolinggo Jamin Harga Daging Sapi Normal

Probolinggo,- Harga daging sapi menjelang Hari Raya Idul Adha menjadi perhatian Pemkab Probolinggo. Terlebih, saat ini, mencuat isu daging sapi murah hanya yang dijual Rp100 ribu per 3 kilogram (kg) di pasar tradisional. Hal ini tak terlepas dari merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Mendapatkan kabar tersebut, Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo mengimbau kepada masyarakat supaya tetap mengkonsumsi produk hewan berupa daging. Yakni daging yang dijual di kios dan berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) yang ditetapkan pemerintah.

Medik Veteriner Muda Diperta, drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, jika dipotong di RPH, daging sapi sebelum dipotong akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas, baik itu dokter hewan dan petugas teknis peternakan.

“Sampai saat ini, harga daging sapi yang normal itu Rp100 ribu hingga Rp110 ribu per kilogram. Kalau ada yang harganya Rp30 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram mohon jangan dibeli. Karena dikhawatirkan tidak dipotong di RPH dan dagingnya tidak sesuai,” kata Nikolas, Senin (20/6/2022).

Dengan begitu, lanjut Niko, masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi produk hewan seperti daging yang sudah dipotong di RPH di berbagai kecamatan serta susu maupun olahannya, asalkan dimasak dengan benar.

“Jadi tetaplah selalu membeli daging yang dijual kios-kios daging yang diperoleh dari RPH. Jangan membeli daging yang tidak jelas dari mana, apalagi harganya murah, memang sudah kami dengar isu daging dengan harga itu, tapi kami pastikan di sini masih sama,” ujar Niko.

Selain adanya isu harga murah untuk daging sapi, Niko meminta agar masyarakat tidak mendengarkan berita hoax atau tidak benar yang disampaikan oleh orang tidak bertanggung jawab terkait dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pasti menular ke manusia.

Baca Juga  Tol Paspro Gending Diresmikan Februari, Pengerjaan Probowangi Dimulai Januari

“Kami tegaskan kepada masyarakat, wabah PMK ini tidak menular kepada manusia. Jadi kami minta masyarakat untuk tidak mudah percaya berita hoax. Dapatkan informasi yang valid mengenai PMK dari dokter hewan dan petugas teknis peternakan,” kata Niko. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …