Waspadai Provokasi Jelang Pilkades Serentak

KRAKSAAN, – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap pertama, Minggu (2/5/2021) mendatang, warga diminta mewaspadai kemungkinan munculnya provokasi. Kapolres Probolinggo, AKBP Ferdy Irawan pun mengimbau, masyarakat untuk tetap kondusif.

Kapolres mengingatkan, jika ada permasalahan terkait pilkades agar diselesaikan secara musyawarah. Hal itu, demi menghindari kekacauan yang kemudian menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum.

“Jangan sampai ada tindakan yang melanggar hukum. Jika nantinya ada permasalahan terkait perbedaan pilihan atau semacamnya, saya harap diselesaikan secara kekeluargaan melalui musyawarah,” kata kapolres, Rabu (28/4/2021).

Namun jika itu sampai terjadi, lanjutnya, maka polres tidak akan segan-segan untuk mengambil tindakan tegas, terhadap semua pelanggaran hukum yang ada pada pemilihan pilkades nanti.

“Seperti penertiban terhadap masyarakat yang kedapatan membawa senjata tajam, saat pilkades berlangsung, atau menjadi provokator sehingga memicu kericuhan yang sama sekali tidak kita inginkan,” ungkapnya.

Selain itu, sambung kapolres, pada momentum pilkades ini pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk mengutamakan rasa persaudaraan. Berbeda pilihan itu adalah suatu hal yang biasa. Masyarakat dapat menentukan hak pilihnya masing-masing.

“Tanpa harus disertai dengan kekisruhan antar sesama. Sehingga bisa aman, damai, kondusif dan berjalan lancar tanpa adanya keterlibatan hukum nantinya,” ujar mantan penyidik KPK ini.

Diketahui sebanyak 62 desa di Kabupaten Probolinggo akan menggelar pilkades serentak, 2 Mei 2021 mendatang. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Pulang dari Surabaya, 2 Warga Kota Probolinggo Positif Covid-19

Baca Juga

Kadisperta Pensiun, Kekosongan Jabatan Eselon II Pemkab Probolinggo Bertambah

Probolinggo,- Jumlah kekosongan pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali bertambah. Hal ini …