Sekolah Tanpa Kepsek di Probolinggo Semakin Bertambah

KRAKSAAN,- Kekosongan kepala sekolah (kepsek) di beberapa sekolah di Kabupaten Probolinggo bertambah. Saat ini ada sebanyak 126 sekolah, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang kosong. Jumlah itu bertambah, sebanyak tujuh sekolah.

Dari 126 sekolah yang hingga kini kepseknya kosong tersebut di antaranya, SDN Kalibuntu 1 dan 5 SDN Sidomukti 1, SDN Kebonagung 1serta 2. Sedangkan tingkat SMP di antaranya, SMPN 1 dan 2 Dringu.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Fathur Rosi mengatakan, memang setiap bulan ada posisi kepsek yang kosong karena pensiun atau karena meninggal dunia.

“Kalau aturannya sama sama seperti sebelumnya, jika ada sekolah yang tidak ada kepseknya maka diberikan tugas rangkap kepada kepala sekolah lainnya untuk mengisi kekosongan itu. Sebelumnya sebanyak 119 kepsek,” kata Rosi, Jumat (27/8/2021).

Kosongnya ratusan kepsek, lanjut Rosi, bukan berarti tidak ada upaya mengisinya. Namun sudah ada 60 calon kepala sekolah yang lolos seleksi untuk diklat. Hanya saja diklat pada tahun 2020 lalu, terbentur dengan Covid-19.

“Sehingga anggaran yang semula sudah disiapkan harus dialihkan untuk penanganan Covid-19. Namun saat ini ketika anggarannya sudah ada, justru kasus positif Covid-19 bertambah dan ditambah ada aturan PPKM,” tutur Rosi.

Menurut Rosi, diklat itu merupakan syarat yang perlu dilakukan oleh para calon kepsek. Karena jika tidak, maka pengangkatannya sebagai kepala sekolah tidak diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan itu akan bermasalah pada tunjangan.

“Kalau gaji tetap dapat, hanya saja kalau tidak ikut diklat itu khawatir tidak dapat tunjangan, kalau sudah tidak dapat kan kasihan juga jika cuma mengandalkan gajinya sebagai kepsek saja” ujar Rosi. (*)

Baca Juga  PN Kota Probolinggo Gelar Sidang Perdana Praperadilan Korupsi Suhadak

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Angka Pengangguran di Kota Probolinggo Tahun 2024 Turun, Segini Jumlahnya

Probolinggo,- Angka pengangguran di Kota Probolinggo pada tahun 2024 turun dibandingkan dengan tahun 2023, yang …