Jelang Paskah, Pengamanan Gereja di Sidoarjo Diperketat

SIDOARJO,- Antisipasi tindakan teror pasca ledakan bom di Gereja Katedral Makasar Minggu (28/3/21) lalu, pengamanan sejumlah gereja di wilayah Kabupaten Sidoarjo diperketat. Pengetatan pengamanan seiring Hari Suci Paskah, yang dirayakan umat kristiani.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan, pengetatan pengamanan aktif berlaku mulai Kamis (1/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021). Langkah itu diambil guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Paskah 2021.

Dikatakan Kapolresta, sejumlah personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Linmas, Banser dan ormas lainnya dilibatkan dan disebar di berbagai gereja dan titik rawan wilayah Kabupaten Sidoarjo.

“Tidak hanya dari Polresta Sidoarjo dan jajaran, untuk menjamin rasa aman serta nyaman masyarakat dalam merayakan Hari Suci Paskah. Pengamanan ketat juga akan melibatkan TNI, Satpol PP, Banser dan ormas lainnya,” ujar Kapolresta, Selasa (30/3/2021).

Upaya pengamanan Paskah 2021 di Kabupaten Sidoarjo, tambah Kapolresta, juga akan dilengkapi sterilisasi gereja-gereja oleh tim Jihandak Brimob Polda Jatim.

Bahkan, sambungnya, Forkopimda Sidoarjo dalam kesempatan ini telah berkordinasi dengan pihak pengurus gereja, mengenai adanya penyekatan di ruas jalan raya akses menuju lokasi gereja.

“Hanya jemaat gereja saat Hari Suci Paskah nanti yang akan diperbolehkan lewat, sementara yang tidak berkepentingan ke gereja akan kita alihkan,” imbuh Kombes Sumardji.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menghimbau masyarakat tetap tenang. Menurutnya, masyarakat harus percaya kepada TNI-Polri serta unsur lainnya, yang telah melakukan berbagai persiapan maupun skenario pola pengamanan.

“Jangan takut akan ancaman teror, karena aparat keamanan telah menjamin pengamanan secara maksimal. Silahkan ibadah dengan aman, nyaman dan tetap patuhi protokol kesehatan,” pesan Bupati. (*)

Baca Juga  3 Tenaga Medis di Sidoarjo Diduga Terpapar Covid-19

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah

Baca Juga

Selama Ramadan, Jam Kerja ASN Kota Pasuruan Lebih Pagi

PASURUAN,- Selama bulan ramadan 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meniadakan senam caring. Padahal, senam yang …