SIDAK: Tim Sidak Pemkot Probolinggo saat mengecek kondisi mamin di swalayan. (foto: Hafiz Rozani).

Sidak Jelang Lebaran, Pemkot Probolinggo Temukan Kemasan Mamin Rusak

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo, Rabu (20/3/2024) melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman (mamin) di sejumlah swalayan di Kota Probolinggo. Tim sidak menjelang Idul Fitri ini menemukan mamin dengan kemasan penyok.

Petugas langsung mengecek mamin yang dijual di swalayan, khususnya makanan ringan (snack) hingga parcel. Pengecekan mamin ini difokuskan ke tanggal kedaluwarsa (expired), tanggal produksi, komposisi, dan kondisi kemasan.

Asisten Pemerintahan Pemkot Probolinggo, Madihah mengatakan, sidak menjelang Idul Fitri ini fokus pembinaan sekaligus pemantauan ketersediaan pangan untuk warga Kota Probolinggo.

“Sidak kali ini menyasar tiga swalayan besar di Kota Probolinggo yang sering didatangi oleh masyarakat untuk berbelanja kebutuhan,” ujarnya.

Selama sidak, petugas menemukan mamin yang kemasannya penyok, tidak disertakan tanggal pembuatan, kemasan yang tidak sesuai syarat, serta komposisi makanan yang tidak dipasang pada kemasan.

Meski ada beberapa temuan namun selama sidak di tiga swalayan ini petugas tak menemukan makanan yang expired. Selain itu, di salan satu swalayan petugas menyarankan agar makanan yang mengandung babi agar diletakkan di tempat yang berbeda. Tidak dicampur dengan makanan halal.

Temuan mamin bermasalah didata, selanjutnya diganti dengan mamin yang baru dengan syarat yang diberikan petugas.

“Jadi sidak ini akan kami gelar lagi mendekati lebaran dengan lebih banyak lagi lokasinya,” papar dia. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Layani Laporan Warga Kota Probolinggo, Kapolda Resmikan Gedung Meteor

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …